4 Manfaat Menggunakan Aplikasi Akunting untuk Pemerintahan Daerah

4 Manfaat Menggunakan Aplikasi Akunting untuk Pemerintahan Daerah

JAKARTA - Aplikasi akunting pemerintah daerah merupakan suatu solusi yang dibutuhkan oleh institusi terkait. Tidak seperti kebanyakan organisasi sektor swasta, institusi pemerintahan harus responsif terhadap sejumlah organisasi yang berbeda, termasuk pejabat terpilih, badan pemerintahan lain, investor, bahkan warga negara yang berfokus pada pemantauan aktivitas mereka. Agar menjadi institusi pemerintahan yang bertanggung jawab, informasi keuangan harus relevan dan dapat diandalkan. Aplikasi akunting pemerintah daerah mampu membantu proses administrator pada badan pemerintahan, baik di tingkat provinsi maupun kota dan kabupaten

Perbedaan aplikasi akunting pemerintah dengan sektor swasta

Aplikasi akunting yang ditujukan untuk operasi komersial umum tidak dapat dimodifikasi untuk tujuan finansial pemerintahan. Sangat penting bagi pemerintah daerah untuk melakukan investasi dalam sistem keuangan yang dirancang khusus untuk digunakan di sektor publik.

Perbedaan antara aplikasi akunting swasta dan pemerintah muncul terutama karena adanya ketidaksamaan latar belakang. Badan pemerintahan cenderung memiliki tanggung jawab utama akuntabilitas fiskal, sementara di sektor swasta tujuan utamanya adalah memaksimalkan keuntungan.

Fungsi aplikasi akunting pemerintah daerah

  1. Akuntabilitas

Aplikasi akunting pada pemerintah dapat memberikan informasi keuangan lengkap dan berguna bagi pihak yang bertanggungjawab serta berkaitan dengan operasi unit pemerintah. Tujuan akuntabilitas ini mengharuskan tiap pegawai atau badan yang mengelola keuangan negara untuk memberikan pertanggungjawaban dan perhitungan atas laporan keuangannya.

Selain itu juga menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu tentang anggaran dan kegiatan keuangan pemerintah, baik secara nasional maupun per instansi untuk menentukan kepatuhan terhadap otorisasi anggaran. Laporan keuangan harus memenuhi berbagai tujuan, seperti posisi keuangan dan likuiditas jangka pendek, kepatuhan anggaran dan hukum. Begitu pula dengan masalah yang memiliki fokus jangka panjang seperti penganggaran modal.

  1. Manajerial

Sistem harus mampu memberikan informasi keuangan yang diperlukan untuk perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan, serta penilaian kinerja pemerintah. Begitu juga dengan menyediakan informasi yang dapat dipercaya tentang posisi keuangan suatu badan terkait yang berguna untuk pengelolaan kegiatan dan finansial pemerintah secara efisien.

Aplikasi akunting pemerintah akan berguna untuk mencatat dan melaporkan bagaimana dana dikelola, membuat laporan keuangan dan neraca untuk setiap departemen, mengintegrasikan penganggaran, manajemen penggajian.

  1. Pengawasan

Akuntansi pemerintah harus memungkinkan terselenggaranya pemeriksaan oleh aparat pengawasan fungsional secara efektif dan efisien. Software dapat membantu menjaga aset pemerintah dan instansi terkait melalui pencatatan, pemrosesan dan pelaporan transaksi keuangan yang konsisten sesuai dengan standar dan praktik akuntansi yang berlaku.

 

Fungsi pengawasan yang termasuk mengumpulkan dan menafsirkan data sering dilakukan melalui informasi yang disediakan dalam laporan pemerintah daerah. Salah satu contohnya adalah laporan keuangan tahunan, yang menyajikan informasi keuangan, kegiatan operasional, dan arus kas untuk periode akuntansi tertentu sesuai dengan prinsip yang ditetapkan oleh otoritas pembuat standar.

  1. Transparansi keuangan penuh

Berdasarkan sudut pandang seorang auditor, fokus utama dari suatu aplikasi akunting yang baik ialah mencegah kesalahan manusia yang berpotensi menyebabkan kerugian. Kondisi krisis pada suatu bisnis dapat terjadi karena adanya perhitungan yang tidak akurat atau kegagalan dalam melaporkan data tepat waktu. Maka disitulah otomatisasi sistem yang dapat membantu proses perhitungan dinilai paling berguna.

Pengelolaan keuangan merupakan salah satu langkah penting terutama bagi badan pemerintahan. Oleh karena itu, aplikasi akunting memiliki peran penting untuk memaksimalkan manajemen keuangan. Aplikasi akunting yang ramah pengguna memungkinkan Anda untuk mengelola karyawan dan bisnis secara efisien. Pilih sistem yang dapat dikostumisasi agar sesuai dengan kebutuhan Anda!

Fitur yang Wajib ada dalam aplikasi akunting

Memilih aplikasi akunting terbaik untuk bisnis Anda bisa menjadi tantangan tersendiri. Mengingat banyaknya software di luar sana sehingga Anda mungkin saja bingung untuk memilih mana yang terbaik. Banyak vendor yang menawarkan keunggulan aplikasi akunting mereka, namun apakah sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda? Berikut ini adalah tips untuk memilih software yang tepat bagi bisnis Anda:

  1. Fitur yang Lengkap

Aplikasi akunting yang Anda pilih setidaknya harus memiliki fitur ini:

  • Faktur berulang yang sesuai dengan tampilan dan tema
  • Melacak pengeluaran sesuai kategori
  • Mengelola inventaris
  • Melakukan rekonsiliasi bank
  • Membuat pesanan pembelian
  • Menghitung dan mengelola pajak secara otomatis
  • Menyimpan bukti pembayaran
  • Mengelola daftar pelanggan dan vendor
  • Mengelola aset
  • Menghasilkan laporan keuangan lengkap, seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal
  • Setiap perusahaan tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, namun setidaknya software pilihan Anda memiliki fitur seperti di atas.
  1. Keamanan Data

Saat ini hampir semua software menggunakan cloud base system sehingga keamanan data perusahaan lebih terjamin. Jadi pastikan bahwa aplikasi akunting yang Anda pilih menggunakan cloud sebagai penyimpanan datanya. Anda dapat menanyakan hal terkait keamanan data perusahan pada vendor sebelum memutuskan memakai software mereka.

  1. Kemudahan Penggunaan

Tidak semua orang memiliki latar belakang akuntansi, sehingga pemilihan software dengan bahasa dan tampilan yang sederhana dapat memudahkan penggunanya. Hal ini membantu perusahaan untuk menghemat biaya pelatihan sehingga tujuan bisnis dapat tercapai dalam waktu yang singkat.

  1. Perhatikan Harga dan Tambahan Biaya

Semakin lengkap fitur yang ditawarkan oleh aplikasi akunting tentunya biayanya juga semakin tinggi. Yang perlu diperhatikan adalah adanya biaya tambahan saat Anda sudah menggunakan software untuk bisnis Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu apakah ada biaya tambahan terkait biaya pemeliharaan atau biaya tambahan lainnya pada situs web penyedia layanan.

  1. Dukungan Layanan Purna Jual

Ini adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan karena sebaik apapun software yang Anda pilih, bisa jadi di kemudian hari terjadi kendala atau gangguan. Jika tidak ada pihak vendor yang dihubungi dan diminta batuan saat ada kendala, maka investasi Anda menjadi sia-sia. Anda dapat memeriksa dukungan layanan purna jual dengan menghubungi nomor customer service lalu lihat bagaimana mereka merespon pertanyaan Anda. Semakin ramah dan cepat respon yang diberikan, semakin baik pula layanan yang diberikan kepada Anda.

Salah satu aplikasi akunting yang dapat membantu Anda melakukan pengelolaan keuangan adalah Jurnal. Jurnal merupakan aplikasi akunting berbasis cloud computing, sehingga data yang ada akan tersimpan dengan baik. Proses akuntansi juga dapat Anda lakukan dengan aman, cepat dan mudah. Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Nikmati kesempatan free trial selama 14 hari.

JURNALI.ID
Suharyadi, S.Pd

Suharyadi, S.Pd

Previous Article

Kenapa Software akuntansi terbaik Indonesia...

Next Article

Kemensos Salurkan Bantuan Kedaruratan bagi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 295

Postingan Tahun ini: 1714

Registered: May 25, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 249

Postingan Tahun ini: 2756

Registered: May 23, 2021

Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed verified

Postingan Bulan ini: 122

Postingan Tahun ini: 634

Registered: Sep 22, 2020

HermanDjide

HermanDjide

Postingan Bulan ini: 119

Postingan Tahun ini: 2579

Registered: Nov 23, 2021

Profle

ISWAN DUKOMALAMO verified

Kelangkaan BBM di Kota Tidore Kepulauan, Ini Respon HMI Cabang Tidore
Agenda Kunker Presiden, HMI Cabang Tidore Layangkan Pernyataan Sikap Kepada Walikota Tidore Kepulauan
Imbas dari Pilkades, 8 Unit Rumah Panggung di Jeneponto Dibongkar Paksa oleh Pemilik Lahan
Pasca Pembongkaran 8 Rumah Panggung di Jeneponto, Mulyadi Mustamu Bersedia Siapkan Lahan Sekalipun Satu Desa

Follow Us

Recommended Posts

Wakil Bupati Sumenep Hadiri Pembukaan Olimpiade AKS BEM FKIP Universitas Wiraraja
30 Cabor KONI Pessel dukung Toni Mardianto, Maju Ketua KONI Pessel
MPC Pemuda Pancasila Kota Tegal Tuntut Junimart Girsang Minta Maaf
Dispora Dorong Munculnya Atlet Berprestasi Dari Batam
Kapolda Jateng Apresiasi Semua Pihak, Gelaran Liga 2 PSSI Berjalan Lancar