SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar pameran dan meluncurkan produk siap komersial di kampus setempat, Jumat (19/3/2021). Terdapat 36 produk dosen dari berbagai fakultas yang merupakan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.
Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Profesor Kuncoro Diharjo mengatakan, salah satu latar belakang peluncuran produk ini karena saat mendapat undangan dari luar untuk partisipasi di pameran nasional, produk hasil riset dan inovasi UNS sering kali kesulitan.
“Iklim riset dan inovasi masih dominan bergerak pada tahapan riset terapan yang maksimal capaiannya hanya berupa prototype produk pada level technology redinnes Level (TRL) 6 atau innovation rediness level (IRL) 3, ” kata Kuncoro Diharjo.
Semestinya, prototype produk dilanjutkan risetnya hingga TRL 9 atau IRL 6. Sehingga produk layak komersial. Indikator ini ditandai oleh masih terbatasnya para peneliti yang mengajukan skema riset pengembangan atau riset fokus pada produk. (inews.id)