Jajaran Aplikasi Inventory Barang Terbaik yang Recommended untuk Dipakai

Jajaran Aplikasi Inventory Barang Terbaik yang Recommended untuk Dipakai

JAKARTA - Memanfaatkan aplikasi inventory barang, kegiatan inventarisasi barang-barang dalam kegiatan usaha bisa dilangsungkan secara lebih mudah. Bagaimana tidak, pasalnya melalui aplikasi sedemikian ini, Anda dapat mengontrol stok, mengawasi jumlah pembelian barang, hingga melacak pesanan yang akan dikirimkan kepada pelanggan. Dalam satu aplikasi terintegrasi sekaligus terpadu, aktivitas yang bersinggungan dengan inventarisasi barang dapat dilaksanakan secara lebih praktis.

Di samping itu, aplikasi inventory barang pun memungkinkan pengawasan secara lebih terstruktur terhadap jumlah barang dagangan yang ada. Sehingga, bisa pula dilakukan pengawasan secara jarak jauh. Apalagi dengan adanya aplikasi berbasis mobile, memungkinkan pengunduhan melalui smartphone. Karenanya, sekalipun Anda sebagai owner sedang berada di luar kota, tetap bisa memantau terhadap stok barang.

Daftar 11 Aplikasi Inventory Barang Terbaik
Mengenai aplikasi inventory barang, memang benar apabila banyak benefit yang bisa didapatkan. Namun, perlu diwaspadai bahwa saat ini banyak bermunculan aplikasi abal-abal yang dirintis oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Alih-alih bisa membuat kegiatan inventarisasi semakin praktis, penggunaan aplikasi illegal justru dapat memunculkan risiko yang besar. Risiko yang dimaksudkan, tidak terkecuali berupa kebocoran data privat usaha. Daripada harus menanggung hal yang tidak diinginkan, lebih baik waspada.
Dilansir dari berbagai sumber kredibel, berikut telah dirangkum daftar 11 aplikasi penyedia layanan inventory barang yang memang telah terbukti terpercaya. Penjelasan selengkapnya terdapat di bawah ini, jadi yuk terus simak paparannya sampai akhir.

●    Jurnal.id
Aplikasi inventory barang Jurnal.id menyediakan berbagai layanan yang mendukung kegiatan inventarisasi barang. Ada beragam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna seperti yang dijelaskan di halaman fitur inventaris barang Jurnal https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/ meliputi stock opname barang, laporan inventaris barang, hingga informasi penyimpanan yang bisa ditampilkan secara cepat. Dengan terintegrasi dalam satu aplikasi, nantinya performa bisnis bisa semakin ditingkatkan ke arah yang lebih maju. Anda sebagai pemilik tetap bisa memegang kendali secara penuh terhadap persediaan barang. Sehingga, dapat meminimalisir risiko penyelundupan barang persediaan.

Yang juga menarik, terdapat penawaran uji coba secara gratis selama 14 hari di sini. Berangkat dari hal tersebut, Anda menjadi bisa menilai apakah aplikasi ini layak untuk dipilih melalui simulasi secara langsung. Apabila Anda merasa cocok dengan aplikasi Jurnal.id, maka bisa membeli paket premium. Paket premium memungkinkan para pengguna memiliki akses yang lebih luas terhadap berbagai fitur yang tersedia di dalamnya. Aneka fitur premium ini dapat dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini tentu akan berimplikasi positif terhadap perkembangan bisnis user aplikasi.

●    Stockpile
Aplikasi inventory barang selanjutnya, yaitu Stockpile. Pada dasarnya, setiap barang yang ada dapat digolongkan berdasarkan kategori tertentu. Misal, penggolongan sesuai merek, model, maupun aspek lain terkait. Anda bisa memakai aplikasi ini guna melakukan penambahan stok secara mudah cukup menggunakan barcode. Selain itu, bukan hanya pemilik usaha yang bisa mengakses Stockpile. Namun, karyawan pun memungkinkan untuk mengaksesnya, sehingga koordinasi lebih terstruktur. Kendati Anda sedang tidak berada di lokasi usaha, pengawasan tetap bisa dilakukan secara langsung terhadap persediaan barang.

●    Veeqo
Aplikasi inventory barang Veeqo merupakan software berbasis cloud yang telah diintegrasikan Bersama berbagai platform e-commerce populer. Seperti, Magento, Shopify, Etsy, eBay, UPS, Amazon, dan yang lainnya. Bagi Anda yang memiliki bisnis di beberapa lokasi berbeda, aplikasi ini dapat menjadi jembatan yang pas. Sebab, terdapat fitur utama yang bisa dimanfaatkan berupa pelacakan inventaris multi gudang pada beberapa lokasi berlainan. Pelacakan dilangsungkan secara real time. Karena itu, informasi yang terjadi sifatnya paling terbaru.

Banyaknya cabang bisnis memungkinkan pemborosan waktu jika Anda harus mengecek satu per satu persediaan dari tempat satu ke yang lainnya. Merujuk pada hal tersebut, dengan adanya aplikasi inventaris barang maka waktu yang ada bisa diefektifkan. Dengan kata lain, tidak membuang waktu percuma hanya untuk mengecek ketersediaan stok barang.

●    Equip
Aplikasi inventory barang berikutnya adalah Equip. Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui Play Store, Tersedia berbagai solusi lengkap yang menarik untuk kebutuhan inventarisasi barang di sini. Jenis bisnis yang memungkinkan penggunaan aplikasi ini pun beragam. Meliputi, bisnis makanan, minuman, took grosir, ritel, manufaktur, real estate, dan lain-lain. Fasilitas layanan yang tersedia, diantaranya pengawasan terhadap stok barang, pengepakan, hingga pelacakan barang yang sedang dalam perjalanan menuju ke tempat pelanggan.

●    Netsuite
Netsuite hadir sebagai aplikasi inventory barang yang dapat dipakai untuk aneka skala bisnis. Mulai dari skala bisnis kecil, menengah, hingga yang besar sekalipun tetap relevan untuk menggunakan software inventarisasi barang ini. Tersedia dalam versi 19 bahasa, aplikasi ini dapat difungsikan baik oleh karyawan maupun manajer. Anda dapat melakukan otomasi proses penambahan stok melalui pengaktifan notifikasi saat restock barang terjadi. Ketika barang mengalami pengurangan, pun bisa dinyalakan notifikasi pemberitahuan. Di samping itu, lead time juga bisa diatur, juga yang terkait dengan tingkat minimum stok.

●    Delivrd
Aplikasi inventory barang Delivrd memberikan fasilitas berupa uji coba gratis terhadap aplikasi selama 30 hari. Para pengguna dapat menentukan apakah aplikasi ini cocok untuk kebutuhan inventarisasi barang dalam usahanya selama 30 hari uji coba itu. Manakala ternyata pas, maka bisa dibeli paket premium untuk bisa menggunakan fasilitasnya secara lebih lama.

Paket premium tersedia mulai dari Rp700 ribu setiap bulan. Pada versi gratis, user kurang bisa memanfaatkan aplikasi secara maksimal. Sebab, terdapat keterbatasan terhadap fitur-fitur tertentu. Misal, hanya diizinkan inventarisasi cukup pada 10 produk dalam versi gratis. Lalu, hanya bisa dipakai untuk satu pengguna di satu lokasi.

Sementara itu, pada paket berbayar yang premium, Anda bisa menggunakan akses tidak terbatas sekaligus juga pengelolaan pesanan. Yang mana juga telah dilengkapi oleh fasilitas e-niaga serta laporan laba rugi.

●    Zoho Inventory
Aplikasi inventory barang Zoho Inventory mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Di sini, tersedia 4 jenis paket langganan yang berbeda harga dan layanannya. Anda dapat menentukan macam paket yang pas sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan fitur manajemen multi Gudang, memungkinkan pengelolaan stok barang di lokasi yang berlainan. Aplikasi ini pun memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan persediaan barang dengan seluruh platform penjualan yang dipakai. Sehingga, sinkronisasi dapat dilangsungkan secara lebih mudah sekaligus cepat.

●    SAP Business One
Melalui penggunaan SAP Business One, pemilik bisa terhubung dengan bisnisnya sekalipun tidak berada dalam lokasi usaha. Berbasis seluler, user bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan inventarisas barang. Mulai dari manajer, eksekutif, perwakilan penjualan, hingga teknisi penjualan bisa diberikan akses terhadap aplikasi. Karenanya, pengawasan dapat dilaksanakan secara maksimal. Sinkronisasi stok barang dengan informasi yang ada menjadi bisa selaras.

Bukan hanya melihat laporan, di sini Anda bisa pula mengelola kontak dan menangani aktivitas penjualan. Juga layanan pelanggan. Mengenai batas kredit atau laba kotor yang ditargetkan pun bisa diperoleh notifikasi paling mutakhir. Dengan begitu, owner bisa fokus terhadap strategi pengembangan usaha tanpa pusing memikirkan inventarisasi barang sekaligus stoknya.


●    Deskera
Aplikasi gratis ini mampu menjadi pendukung yang handal untuk bisnis. Tidak perlu lagi pusing memikirkan mengenai permasalahan inventarisasi barang, Anda menjadi bisa terfokus pada pengembangan usaha. Fitur-fitur layanan yang bisa dimanfaatkan, meliputi akuntansi, faktur, inventaris, laporan laba rugi, arus kas, dan masih banyak pula lainnya.

Selain berbagai fitur menarik yang tersedia, perihal keamanan data juga tidak perlu diragukan. Sebab, aplikasi Deskera sudah dilengkapi oleh enkripsi canggih berbasis penyimpanan cloud. Hal tersebut berimplikasi positif terhadap keamanan data pengguna karena bisa memberikan perlindungan secara maksimal.

   Inventory Now
Dirancang dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini dapat digunakan oleh siapapun guna memenuhi kebutuhan inventarisasi barang usaha. Adanya fungsi scanner barcode membuat Anda bisa melaksanakan penambahan stok barang baru tanpa terkendala. Setelah itu, nantinya dapat bisa diimpor sekaligus juga diekspor sebagai spreadsheet. Kemudian, akan secara otomatis dicadangkan pada akun Dropbox. Masih ada pula fitur lain sama menariknya yang bisa dimanfaatkan, meliputi pengelompokan item berdasarkan kategori tertentu. Sebagaimana diketahui, stok barang yang ada pastinya tidak hanya terdiri dari satu macam. Melainkan, dari stok barang yang banyak itu dapat diklasifikasikan menurut aspek penggolongan tertentu untuk lebih memudahkan penyortiran.

●    myStock Inventory Manager
Cocok untuk bisnis kecil hingga menengah, aplikasi ini dirilis dengan menggunakan bermacam-macam jenis sistem operasi. Fitur-fitur yang tersedia tergolong lengkap, khususnya perihal inventory barang. Anda bisa melakukan pengelolaan inventaris barang di beberapa lokasi berbeda. Terintegrasi pula dengan email, sehingga pengguna bisa mengaktifkan notifikasi manakala terjadi perubahan stok barang. Ada pula pembaca barcode yang bisa dimanfaatkan fungsinya untuk mengatur penambahan stok secara cepat. Pengelompokan produk menurut aspek tertentu juga bisa dilaksanakan di sini.

Berangkat dari komprehensifnya fungsi fitur yang ditawarkan, para pemilik usaha tidak perlu risau lagi perihal kegiatan inventory barang. Apalagi dengan hadirnya layanan otomatis sinkronisasi antara stok real time barang dengan informasi yang disajikan. Aplikasi inventory barang memungkinkan pula terjadinya pengawasan secara lebih maksimal terhadap ketersediaan barang pada bisnis.

Manfaat yang Bisa Didapat dari Penggunaan Aplikasi Inventory Barang
Aplikasi inventory barang memberikan benefit yang banyak. Utamanya perihal pengintegrasian stok barang yang ada pada usaha. Mulai dari penambahan jumlah barang, hingga pelacakan barang yang sedang dikirim kepada pengguna pun dimungkinkan di sini. Yang tidak kalah menarik, tersedia pula fitur layanan multi gudang inventory. Sehingga, bagi Anda yang sudah memiliki lebih dari satu cabang usaha bisa melakukan pengawasan terhadap inventaris barang tanpa sulit. Dalam satu wadah aplikasi yang terpercaya, pengawasan dapat dilakukan dimanapun.
Terlebih, telah dirilis pula aplikasi inventory barang berbasis mobile. Karenanya, bisa diunduh melalui ponsel pintar pengguna. Sebagaimana diketahui, smartphone lebih praktis untuk dibawa kemana-mana dibandingkan dengan harus membawa computer. Menanggapi hal tersebut, dengan terpasangnya aplikasi pada gadget Anda, pengawasan terhadap persediaan barang bisa dilangsungkan secara lebih maksimal. Informasi real time inventory barang yang diintegrasikan dengan berbagai platform e-commerce yang dipakai pemilik usaha membuat jumlah stok bisa selalu update sesuai kondisi riil.

ADVERTORIAL
Update

Update

Previous Article

Anggota DPR RI Ahmad Sahroni: Aturan PPKM...

Next Article

Akselerasi Ekonomi Keuangan Gigital, BI...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 1603

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 6

Postingan Tahun ini: 1679

Registered: Feb 19, 2021

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 206

Registered: May 7, 2021

ishak

ishak

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 7

Registered: Jul 31, 2021

Profle

sony kincai

Kembangkan Potensi Desa, Balon Kades Manggalung  Burhan Siap Bangun Kerjasama
10 Tahun Pangkep Raih WTP, Kepala Badan Pengelolah Keuangan  Daerah Pangkep Muh Asri Minta Pertahankan
Bersama FKTMP, Danny Pomanto Harap Makassar Sebagai Kota Santri
Masih Butuh Anggaran, Kepala SMPN 2 Pangkajene Mappiasse: Masjid ini Selesai Dibangun Desember 2021

Follow Us

Recommended Posts

Kapolri Siapkan Strategi Capai Vaksinasi 70 Persen di Hari Kemerdekaan 
Percepat Capai Target, Pemkab Bantaeng Sulap TIC Jadi Gerai Vaksinasi covid-19
Patroli skala besar, Polres Pamekasan Bagikan Beras, Masker dan Bendera Merah Putih Kepada PKL
Manfaatkan Pekarangan Sekolah, SD 28 Tumampua Pangkajene  Petik Hasil
Danrem 082/CPYJ Sambut Kunker Panglima TNI di Wilayah Mojokerto