Kemenag RI Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2021, Pendaftaran Mulai 7 Juli Hingga 31 Agustus 2021

Kemenag RI Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2021, Pendaftaran Mulai 7 Juli Hingga 31 Agustus 2021
Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani

JAKARTA - Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama kembali menggelar Kompetisi Robotik Madrasah (KRM) atau Madrasah Robotics Competition (MRC). Karena masih pandemi, hampir seluruh tahapan kompetisi digelar secara daring atau online.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, KRM merupakan ajang kompetisi bagi siswa madrasah, jenjang Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs), dan Aliyah (MA).

“Pendaftaran ajang ini dibuka mulai hari ini, 7 Juli hingga 31 Agustus 2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website madrasah.kemenag.go.id/mrc, ” terang pria yang akrab disapa Dhani ini di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Menurut Dhani, KRM digelar sebagai ruang aktualisasi minat dan bakat siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi.  Even ini diharapkan dapat merangsang siswa-siswi madrasah sebagai generasi Indonesia 2045 untuk mempersiapkan diri menghadapi era industri 4.0 dan Cybion (Cybernetics, Biologi and Ontology).

KRM 2021 mengusung tema ‘Robots For Global Pandemic’. Tema besar ini di-breakdown dalam empat isu. Pertama, Robot for Health Care (Robot Peduli Kesehatan), yakni robot untuk mendukung layanan kesehatan. Kedua, Robot for Social Care (Robot Peduli Sosial), yakni robot yang berfungsi mendukung  dan media interaksi sosial yang terkendala di masa pandemi.

Ketiga, Robot for Resilience (Robot untuk Ketahanan Hidup), yakni robot yang memiliki fungsi membantu manusia untuk ketahanan hidup manusia. Dan keempat, Robot for Economy Recovery (Robot untuk Pemulihan Ekonomi), yakni robot yang membantu manusia untuk pemulihan ekonomi.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom mengatakan, tema ini muncul dari sebuah keyakinan bahwa teknologi robot sudah seharusnya membantu menyelesaikan isu-isu penting dunia, yakni pandemi global Covid-19 yang melanda dunia selama dua tahun terakhir ini. Misinya adalah menerapkan teknologi robot untuk menjawab tantangan-tantangan yang dimunculkan oleh Covid-19, baik itu di bidang kesehatan, sosial, ekonomi, dan ketahanan hidup.

“Tema ini diharapkan dapat menginspirasi siswa-siswi madrasah untuk sadar akan bahaya Covid-19, sekaligus berupaya memecahkan masalah-masalah yang ditimbulkan dari Covid-19 ini, ” terang Isom.

Ada dua kategori dalam Kompetisi Robotik Madrasah. Pertama, Kategori Rancang Bangun Inovasi. Dalam kategori ini, siswa diminta menciptakan sebuah rancangan model teknologi yang berguna untuk meringankan kehidupan manusia (sesuai dengan tema yang ditentukan).

“Peserta merakit robotnya sendiri dari madrasah hingga dapat bergerak secara otomatis. Kemudian mempresentasikan rancangan model teknologi robotikanya di hadapan juri secara online, pada 2 sampai 3 Oktober 2021, ” papar Isom.

Kedua, Kategori Mobile Robot. Dalam kategori ini, siswa diminta membuat program untuk mengendalikan robot mobil (mobile robot). Level pengendalian dan tantangan yang harus dilewati oleh peserta disesuaikan dengan jenjang pendidikannya (MI, MTs, dan MA).

“Kompetisi Kategori Mobile Robot ini diselenggarakan secara tatap muka pada  16 sampai 17 Oktober 2021 di Mall Alamsutera Tangerang, dengan protokol kesehatan yang ketat, ” tegasnya.

Kompetisi ini akan disarkan secara langsung melalui Channel Youtube Direktorat KSKK Madrasah dan Instagram pendidikanmadrasah. Direktorat KSKK Madrasah menyediakan hadiah dengan total 300 juta terdiri dari medali, sertifikat, kit robotika dan uang pembinaan. “Pemenang akan diambilkan dari Juara I, II, III, Harapan I, II, dan Harapan III untuk setiap kategori di setiap jenjang, ” tandasnya.

Berikut tahapan pelaksanaan KRM 2021:

1. Sosialisasi dan Pendaftaran Online (7 Juli-31 Agustus 2021)

2. Seleksi administrasi, makalah dan video (3-5 September 2021)

3. Pengumuman Peserta lulus seleksi administrasi (8 September 2021)

4. Konfirmasi Kesediaan Mengikuti Kompetisi (10-17September 2021)

5.  Briefing (Pengarahan) Rancang Bangun MI, MTs, MA secara online (19 September 2021)

6. Gladi Resik Kompetisi Rancang Bangun MI, MTs, MA, secara online (1 Oktober 2021)

7. Kompetisi Rancang Bangun MI, MTs, MA secara Online (2-3 Oktober 2021)

8.  Kompetisi Mobile Robot secara Offline secara Tatap Muka (16-17 Oktober2021)

KEMENAG
Suharyadi, S.Pd

Suharyadi, S.Pd

Previous Article

Hadapi Lonjakan Covid-19, Anggota DPR RI...

Next Article

Anggota DPR RI Guspardi Gaus: Tenaga Honorer...

Related Posts

Peringkat

Profle

Afrizal verified

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 208

Postingan Tahun ini: 2802

Registered: Sep 25, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 152

Postingan Tahun ini: 2342

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 146

Postingan Tahun ini: 2372

Registered: Sep 22, 2020

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 75

Postingan Tahun ini: 511

Registered: May 7, 2021

Profle

sony

Zelki Ladada 'Si Anak Petani' Harumkan Nama Provinsi Gorontalo
Satpol PP Batang Tak Berkutik Hadapi Galian C Ilegal
Riuh Dibicarakan Masyarakat, Ijazah Paket Balon Pilkades Diduga Palsu
Kurangnya Peran Pendidikan Politik Bersih, Akan Meregenerasi Sistem Politik Uang Pada Generasi Momen Politik

Follow Us

Recommended Posts

Polres Lumajang Layani Lebih dari 600 Warga, Desa Munder Yosowilangun Menjadi Desa Sadar Vaksinasi 
Beri Semangat Kafilah STQN 2021, Wagub Sumbar Tiba Maluku Utara
Kantor Desa Kropoh Tak Bertuan Bertahun-tahun
Abai Protokol Kesehatan, 3 Orang Push Up di Tempat
Ketua Umum dan Sekjen PMTI Telah Tiba Malam ini di Toraja Utara