Dr. Pratama Persadha: Kita Harus Mandiri di Teknologi Luar Angkasa, Energi Terbarukan dan Internet

Dr. Pratama Persadha: Kita Harus Mandiri di Teknologi Luar Angkasa, Energi Terbarukan dan Internet
Dr. Pratama Persadha, Chairman CISSReC

JAKARTA - 10 Agustus diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, sejak 1995 setelah adanya pesawat N-250 Gatotkaca. Kini di tahun 2021, apa fokus kita sebagai salah satu negara besar di dunia internasional.

Dalam keterangannya Selasa (10/8), pakar keamanan siber Pratama Persadhamenjelaskan bahwa Indonesia bisa fokus pada tiga hal, pertama energiterbarukan, internet dan juga teknologi luar angkasa.

“Indonesia bisa fokus pada 3 hal penting tersebut di era digital ini. Hal yang sama digunakan oleh Elon Musk untuk membangun bisnisnya dansangat sukses saat ini. Misalnya untuk internet Elon Musk membangunStarlink, solusi internet murah yang saat ini berjalan di AS dan Kanada.Lalu energi terbarukan ada Tesla dan Solar City. Soal luar angkasa diapunya Space X yang menjadi backbone Starlink, ” terang mantan ChairmanLembaga Riset Keamanan Siber CISSReC ini.

Menurut Pratama Indonesia punya potensi itu semua. Mulai dari energiterbarukan dengan solar cell, dimana Indonesia mendapatkan matahari yangcukup sepanjang tahun, belum lagi dengan industri nikel dan bateraiuntuk modal mobil listrik.

“Jangan lupakan juga kita strategis di garis khatulistiwa yang membuatbanyak keuntungan untuk satelit beredar di atasnya. Bahkan sejak 1977, negara-negara di garis khatulistiwa sudah meminta adanya kedaulatan luarangkasa. Karena saat ini banyak satelit negara lain beroperasi di atasgaris khatulistiwa dengan bebas. Karena itu perlu diperbanyak programpeluncuran satelit karena kebutuhan semakin meningkat, baik untukpertahanan maupun kebutuhan ekonomi, ” terangnya.

Indonesia sendiri juga sudah memiliki Palapa Ring sebagai backboneinternet. Hal yang wajib dimaksimalkan agar dalam beberapa tahunmendatang, bisa menjadi faktor penentu naiknya ekonomi digital tanahair.

“Dengan memaksimalkan program Palapa Ring, kita juga bisa nantinyamembangun berbagai aplikasi lokal yang memang dibutuhkan olehmasyarakat. Mulai dari email, medsos, marketplace, aplikasi chattingsampai solusi digital lain. Artinya negara hadir memberikan stimulusberupa berbagai infrastruktur pendukung, ” jelas pria asal Cepu, JawaTengah ini.

Di hari kebangkitn  teknologi ini juga sebaiknya menjadi pengingat kitasemua betapa pentingnya perlindungan data pribadi di era digital saatini. RUU PDP yang belum kunjung rampung memperpanjang ancaman kepadaseluruh masyarakat tanah air.

“Kita berharap ada banyak perbaikan perlindungan data pribadi, sembarimenunggu UU PDP rampung. Kita berharap nantinya isu keamanan siber nantimenjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam birokrasi maupunekonomi. Kemandirian di dunia siber akan membuka jalan bagi Indonesiamenjadi negara yang disegani masyarakat global, ” jelas Pratama.

Dr. Pratama Persadha

Chairman CISSReC

Dr. Pratama Persadha
Suharyadi, S.Pd

Suharyadi, S.Pd

Previous Article

PPKM Diperpanjang Lagi, Anggota DPR RI Junaidi...

Next Article

Anggota DPR RI Martin Manurung Minta Menteri...

Related Posts

Peringkat

Profle

Afrizal verified

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 237

Postingan Tahun ini: 2831

Registered: Sep 25, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 211

Postingan Tahun ini: 2401

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 164

Postingan Tahun ini: 2390

Registered: Sep 22, 2020

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 98

Postingan Tahun ini: 534

Registered: May 7, 2021

Profle

Munafir Tumpinyo

Publik Kecewa, Kerinci Kembali Urutan Buncit MTQ Tingkat Provinsi
Satpol PP Batang Tak Berkutik Hadapi Galian C Ilegal
Riuh Dibicarakan Masyarakat, Ijazah Paket Balon Pilkades Diduga Palsu
Kejaksaan Agung Perintahkan Kajati sumbar dan Kajari Pessel Segera Eksekusi Bupati Pessel

Follow Us

Recommended Posts

Gubernur Riau Tunjuk Suhardiman Amby Sebagai Plt Bupati Kuansing
Irdivif 2 Kostrad Hadiri Acara Video Conference Taklimat Awal Current Audit Itkostrad di Ge
Walikota Sungai Penuh Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al Manar Muhajirin
Unit Reskrim Polsek Beringin Amankan 3 Pemuda Ranmor
Seksi Provost dan Pengamanan Internal Cek Setiap Ruangan, Pastikan Semua Personil Patuhi Prokes