Awaludin Iqbal: Perum Bulog Pastikan Beras Program Bansos Berkualitas

Awaludin Iqbal: Perum Bulog Pastikan Beras Program Bansos Berkualitas

JAKARTA - Setelah tiga pekan diluncurkan secara resmi oleh Menteri Sosial dan Direktur Utama Perum BULOG, Program Bantuan Sosial Beras kepada 10 juta keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) di seluruh Indonesia terus berjalan baik dengan kualitas beras yang tepat sesuai ketentuan.

Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal di Jakarta, Selasa (22/9/2020) dalam keterangannya mengatakan bahwa jajaran BULOG tetap berkomitmen untuk memastikan kualitas dan kuantitas beras dari gudang-gudang BULOG di seluruh Indonesia akan terjamin baik.

Untuk itu, pengawasan dan pengendalian kualitas dan kuantitas jumlah beras BULOG akan terus dipantau.

“BULOG telah menetapkan ‘quality control management’ yang bertugas memastikan kualitas beras bulog sesuai standar kualitas terbaik. Setelah melewati petugas pengawas kualitas beras di gudang BULOG, selanjutnya beras program Bantuan Sosial ini diserahkan kepada jasa pengangkut/transporter yang telah ditunjuk oleh Kementerian Sosial RI untuk melakukan pendistribusiannya kepada keluarga penerima manfaat, ” kata Awaludin Iqbal.

Terkait isu mengenai adanya beras plastik pada program BPNT yang beberapa hari belakangan banyak dibicarakan, Awaludin Iqbal menjelaskan bahwa program tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan BULOG. Dia menjelaskan bahwa saat ini BULOG dipercaya menyediakan beras untuk Program Bantuan Sosial (Bansos) Beras dan itu sudah disiapkan oleh seluruh jajaran BULOG seluruh Indonesia dengan kualitas beras baik sesuai dengan ketentuan.

“Tim monitoring dan evaluasi BULOG sudah diterjunkan untuk memastikan semua pelaksanaan program bantuan sosial di seluruh Indonesia berjalan dengan baik. Pengawaan dan monitoring terus berjalan sebagai upaya untuk menjamin kualitas beras BULOG memang baik, ” katanya.

Lebih lanjut Awaludin Iqbal menjelaskan bahwa Program Bantuan Sosial Beras ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di seluruh Indonesia agar kebutuhan pangan utamanya beras bagi KPM tersebut yang saat ini terkena dampak Covid-19 bisa terpenuhi sehingga tetap terjaga kesehatannya.

“Manfaat dari Program Bansos Beras ini bukan hanya dirasakan oleh Keluarga Penerima Manfaat saja, namun juga para petani yang juga merupakan kelompok masyarakat terdampak Covid-19, karena beras yang disalurkan oleh BULOG untuk Bansos tersebut adalah beras yg berasal dari petani yang dibeli sesuai amanah Inpres nomor 5 tahun 2015”, jelas Awaludin Iqbal.

“Kami menyadari bahwa tugas pemenuhan pangan bagi masyarakat dan tugas stabilisasi harga beras di setiap daerah akan berjalan dengan baik manakala ada dukungan dan sinergi diantara seluruh pihak, terutama dari Pemerintah Daerah, Dinas terkait, Aparat terkait dan para pemangku kepentingan. Untuk itu kami berharap kepada seluruh pihak yang terlibat untuk bekerjasama dalam menyukseskan program ini, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh seluruh masyarakat”, katanya .

Sebelumnya BULOG juga mendapatkan penugasan pemerintah untuk program Bantuan Presiden untuk 3, 23 juta warga di Jabodetabek terdampak Covid-19 sejak Mei hingga Juni 2020 dalam dua dua gelombang kegiatan yang berlangsung lancar.

Program yang dilaksanakan dalam dua tahapan itu dalam proses penyediaannya berjalan lebih cepat dari waktu yang ditentukan sehingga penyalurannya juga berlangsung lebih cepat. (***)

BULOG JAKARTA
Suharyadi, S.Pd

Suharyadi, S.Pd

Previous Article

Bendungan Sadawarna Subang Pasok Air Baku...

Next Article

Rekrut Anggota Baru, KPN Tuah Sepakat Sosialisasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 275

Postingan Tahun ini: 870

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 209

Postingan Tahun ini: 2127

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 204

Postingan Tahun ini: 2098

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 151

Postingan Tahun ini: 375

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Dinkes Sumbar Targetkan 414.582 Stok Vaksin Habis September Ini
Bupati Way Kanan Hadiri Pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan PAUD-HI
Polemik Tapal Batas di Tidore Utara, Ini Tanggapan Kabag Pemerintahan
Polda Sumbar Ungkap Perdagangan Miras Tanpa Izin, Pelaku Menjual Secara Online
Gusmiyadi Apresiasi PT Bridgestone "Respon Cepat Perbaiki Jalan Menuju Nagori Dolok Khataran