Aktivitas Seluler di Luar Negeri Bikin Pulsa Boros? Begini 6 Cara Ampuh Menghematnya

Aktivitas Seluler di Luar Negeri Bikin Pulsa Boros? Begini 6 Cara Ampuh Menghematnya

TEKNOLOGI - Bagi yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri, baik untuk keperluan pekerjaan atau liburan, Anda pasti menyadari jika tarif layanan seluler, seperti, SMS dan telepon, jauh lebih mahal ketimbang di dalam negeri. Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan hampir semua operator seluler di Indonesia menerapkan biaya atau tarif roaming bagi pelanggan yang menggunakan layanan selulernya di luar negeri.

Istilah roaming ini mengacu pada pemakaian layanan telepon seluler saat bepergian ke luar negeri. Kenapa tarif layanan seluler ini lebih mahal ketimbang di dalam negeri? Karena operator seluler harus mengganti layanan seluler penggunanya di luar negeri dari home ke other network.

Peningkatan biaya karena fasilitas roaming ini bisa menjadi penghambat saat Anda ingin menikmati masa liburan dengan tanpa beban. Pasalnya, budget liburan di luar negeri yang sudah mepet, harus membengkak karena aktivitas seluler yang tak dapat dihindari menggunakan tarif roaming.

Lalu, adakah cara agar aktivitas seluler di luar negeri ini tak sampai membuat pengeluaran untuk pulsa melesat? Tentu saja ada. Nah, bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri, tapi tetap ingin hemat pulsa, berikut adalah 6 tips ampuh yang bisa diterapkan.

1. Manfaatkan Tawaran Paket Roaming Internasional

Sebelum beranjak ke bandara, pastikan terlebih dahulu bahwa provider seluler yang Anda gunakan menawarkan paket roaming internasional. Dengan memanfaatkan tawaran paket roaming tersebut, Anda bisa lebih mudah mengecilkan pemakaian data saat sedang berada di luar negeri.

Saat sudah menginjakkan kaki di negeri orang, luangkan sedikit waktu untuk melihat SMS yang dikirimkan oleh provider seluler Anda dengan teliti. Umumnya, dalam SMS tersebut terdapat rincian mengenai fasilitas roaming internasional yang Anda gunakan.

Beberapa informasi seperti biaya pemakaian paket seluler, telepon, dan juga SMS, semuanya bisa Anda lihat melalui SMS tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikannya dengan jumlah pulsa atau budget saat sedang di luar negeri.

Sebagai solusi darurat, Anda juga bisa memanfaatkan fitur transfer pulsa. Misalnya Anda menggunakan provider Telkomsel di luar negeri. Gunakan fitur transfer pulsa Telkomsel dari keluarga atau kerabat apabila kesulitan mengisi pulsa. Begitu juga dengan provider lainnya yang memiliki fitur serupa.

2. Gunakan Aplikasi Browser yang Mampu Menekan Konsumsi Data Internet

Semakin banyak Anda menggunakan fasilitas data roaming, semakin banyak pula uang yang harus dikeluarkan. Untuk itu, Anda perlu mencari cara agar aktivitas internet Anda memiliki konsumsi data atau kuota yang lebih sedikit. Salah satunya dengan beralih menggunakan aplikasi browser yang mampu menekan penggunaan data internet, seperti Google Chrome atau Opera Mini.

Pada aplikasi Google Chrome, Anda bisa mengaktifkan fitur data saver agar pemakaian data internet menjadi lebih kecil. Sedangkan untuk Opera Mini, peramban mobile tersebut mampu menekan konsumsi data saat membuka sebuah situs menjadi 10 persen saja, serta dapat menunjukkan jumlah data internet yang telah digunakan. Jadi, Anda pun lebih mudah dalam memantau penggunaan data internet saat di luar negeri.

3. Matikan Fitur Background Data dan Notifikasi

Meski tak sedang aktif digunakan, sejumlah aplikasi pada smartphone akan tetap mengonsumsi data internet. Penyebabnya adalah aktivitas latar belakang dan fitur notifikasi yang masih aktif. Saat kedua fitur tersebut dimatikan, Anda dapat menekan pemakaian data internet pada smartphone mencapai 30 persen. Lumayan, bukan?

4. Cegah Fitur Sinkronisasi di Sejumlah Aplikasi

Tak hanya fitur notifikasi dan aktivitas di latar belakang, beberapa aplikasi juga seringkali melakukan aktivitas sinkronisasi data yang mampu memakan data internet tanpa disadari. Sejumlah aplikasi yang umumnya melakukan proses sinkronisasi adalah Facebook, Google Drive, Google Photo, dan Dropbox.

Tak harus mematikan fitur sinkronisasi ini sepenuhnya. Anda dapat menyesuaikan pengaturannya agar file atau dokumen dapat terunggah secara otomatis saat smartphone terhubung ke jaringan internet Wi-Fi saja. Jadi, biaya roaming tak akan melonjak saat di luar negeri. 

5. Pasang Aplikasi Penghemat Data

Tahukah Anda jika ada sejumlah aplikasi yang mampu menghemat pemakaian data internet pada ponsel? Salah satunya adalah aplikasi Opera Max yang dapat diunduh secara gratis di Playstore maupun AppStore.

Dengan memanfaatkan aplikasi penghemat data tersebut, video dan juga gambar yang muncul pada seluruh aplikasi lain di smartphone akan diperkecil. Tak hanya itu, Opera Max mampu menunjukkan berapa besar jumlah data yang dikonsumsi oleh setiap aplikasi di sistem latar belakang. Dengan begitu, Anda dapat memblokir akses internet pada aplikasi-aplikasi yang boros kuota tersebut.

6. Siapkan Hiburan di Smartphone Jauh-Jauh Hari

Cara terakhir yang tak kalah ampuhnya menghemat pemakaian pulsa dan data internet di luar negeri adalah dengan menyiapkan dulu hiburan, seperti, musik dan film, jauh-jauh hari menggunakan koneksi internet Wi-Fi. Dengan begitu, Anda tak lagi harus melakukan streaming atau download musik maupun film saat merasa bosan di perjalanan.

Beberapa aplikasi browser, seperti Google Chrome dan Opera Mini pun memiliki fitur yang mampu menyimpan halaman situs agar bisa dilihat secara offline. Jadi, Anda bisa menghemat pemakaian pulsa dan kuota internet, serta tak perlu repot mencari jaringan internet Wi-Fi saat ingin melihat halaman situs tersebut.

Tak Lagi Khawatir Biaya Roaming Melonjak

Mahalnya tarif layanan seluler di luar negeri memang seringkali membuat pengeluaran saat bepergian ke luar negeri selangit. Jika tak pandai-pandai menyiasatinya, bisa-bisa keuangan akan boncos. Oleh karena itu, agar pemakaian pulsa dan data internet lebih terjaga, pastikan untuk menerapkan 6 tips di atas, ya!

TELKOMSEL ROAMING
Suharyadi, S.Pd

Suharyadi, S.Pd

Previous Article

Sekda Bagikan Bingkisan Idul Fitri untuk...

Next Article

Rekrut Anggota Baru, KPN Tuah Sepakat Sosialisasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Afrizal verified

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 237

Postingan Tahun ini: 2831

Registered: Sep 25, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 211

Postingan Tahun ini: 2401

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 164

Postingan Tahun ini: 2390

Registered: Sep 22, 2020

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 98

Postingan Tahun ini: 534

Registered: May 7, 2021

Profle

Munafir Tumpinyo

Publik Kecewa, Kerinci Kembali Urutan Buncit MTQ Tingkat Provinsi
Satpol PP Batang Tak Berkutik Hadapi Galian C Ilegal
Riuh Dibicarakan Masyarakat, Ijazah Paket Balon Pilkades Diduga Palsu
Kurangnya Peran Pendidikan Politik Bersih, Akan Meregenerasi Sistem Politik Uang Pada Generasi Momen Politik

Follow Us

Recommended Posts

Sekda Jeneponto Hadiri Pelantikan Gerakan Pemuda Ansor di Hotel Kita
Kapolsek Pasarkemis Polresta Tangerang Hadiri Rapat Koordinasi Target Sasaran Vaksin Diwilayah Kecamatan Pasarkemis
Imbau Prokes dan Berikan Rasa Aman, Bhabinkamtibmas Desa Ciakar Menghadiri Sertijab Kades Ciakar Kecamatan Panongan
Tak Pakai Masker di Ruang Publik, Sejumlah Remaja di Kota Padang Kembali Diamankan Satpol PP
Walikota Hadiri Rakor Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN)