Menteri ASEAN Dorong Implementasi Penuh Persetujuan AHKFTA dan AHKIA

Menteri ASEAN Dorong Implementasi Penuh Persetujuan AHKFTA dan AHKIA

JAKARTA - Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo telah mewakili Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto memimpin Delegasi Indonesia pada Pertemuan Konsultasi AEM-Hong Kong, China (AEM-HKC) ke-4.

Dirjen Iman mengungkapkan, para menteri mendorong implementasi penuh persetujuan ASEAN-Hong Kong, China Free Trade Agreement (AHKFTA) dan ASEAN-Hong Kong, China Investment Agreement (AHKIA) oleh semua pihak pada tahun ini mengingat Kamboja masih dalam tahap akhir proses prosedur internal ratifikasi.

“Indonesia telah mengimplementasikan Perjanjian AHKFTA dan AHKIA sejak 4 Juli 2020. Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan sektor swasta akan melakukan serangkaian outreach program untuk menginformasikan para pemangku kepentingan mengenai fasilitas dan preferensi yang ditawarkan perjanjian ini, ” ujar Iman, dalam siaran persnya,  Minggu (30/8/2020).

Para menteri menyerukan pentingnya tindakan kolektif dan kerja sama internasional untuk bangkit menghadapi dampak ekonomi Covid-19 yang dapat dilakukan melalui melalui AHKFTA dan AHKIA. 

Iman menambahkan, guna memanfaatkan perjanjian tersebut, Indonesia akan menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Hong Kong Economic and Trade Office (HKETO) di Jakarta untukmeningkatkan bisnis antara Indonesia dengan Hong Kong dan Tiongkok, sekaligus memanfaatkan Hong Kong dan Tiongkok sebagai batu loncatan penetrasi yang lebih dalam ke pasar Tiongkok. 

Pada pertemuan tersebut, para menteri juga menyambut baik tahap 1 proyek proposal Economic and Technical Cooperation (ECOTECH) Work Program 2020 dan mendorong agar proyek tersebut segera dilaksanakan pada tahun ini. (***)

Suharyadi, S.Pd

Suharyadi, S.Pd

Previous Article

ASEAN - METI Jepang Bahas Upaya Pemulihan...

Next Article

Rekrut Anggota Baru, KPN Tuah Sepakat Sosialisasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Iswan Dukomalamo

Kota Tikep Berlakukan Kartu Vaksin Sebagai Syarat Penyebrangan Antar Pulau
Upaya Mencegah Masyarakat Dari Resiko Hukum, Kejati Malut Gelar Kegiatan Penerangan Hukum
Bus Manggarai Indah Trayek Maumere-Ruteng Tertimpa Pohon di Boawae Lima Penumpang Dilarikan ke Puskesmas
Bangunan Senilai 4, 2 Milyar Mangkrak, Ada Temuan  Korupsi

Follow Us

Recommended Posts

Kapolres Sebut Pramuka  Adalah Generasi Muda Tangguh Dan Unggul
Gubernur mahyeldisp Raih Anugerah Tokoh Terinovatif Pengembangan Ekonomi Syariah Republika 
Momen Hari Anti Korupsi Sedunia, Gabungan Aktivis Banyuwangi Gelar Aksi Bongkar Kasus
Pemberian Piagam Penghargaan Kampung Tangguh Anti Narkoba, Biddokkes Polda Banten Lakukan Swab Antigen