Ini Alasan Indonesia Wajib Lakukan Eksplorasi dan Eksploitasi Mineral Laut Dalam

Ini Alasan Indonesia Wajib Lakukan Eksplorasi dan Eksploitasi Mineral Laut Dalam

JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi menegaskan alasan Indonesia wajib terlibat di dalam eksplorasi dan eksploitasi mineral laut dalam.

Hal ini dibahas dalam Webinar Eksplorasi Mineral Laut Dalam di Indonesia yang bertajuk "Potensi, Kebijakan, Tantangan, dan Teknologi" yang diadakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), pada Kamis (22/7/2021) secara virtual.

Plt. Asisten Deputi (Asdep) Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan, Sora Lokita dalam pertemuan tersebut mengungkapkan ada lima alasan Indonesia ikut serta dalam eksplorasi dan eksploitasi mineral laut. Alasan tersebut antara lain hukum nasional dan internasional, lokasi geografis, sejarah, cadangan masa depan, dan peluang di depan mata.

Menyinggung tentang hukum internasional, Sora Lokita menyebutkan bahwa Konvensi Hukum Laut Internasional/UNCLOS memberikan peluang Indonesia memanfaatkan mineral laut dalam. "Selain Indonesia bisa memanfaatkan sumber daya mineral di perairan nasional, Indonesia juga bisa terlibat pengelolaan kawasan dasar laut internasional, " sebutnya.

Lalu, kembali ke soal keikutsertaan Indonesia dalam eksplorasi dan eksploitasi mineral laut dalam, menurut Sora Lokita hal tersebut memiliki alasan yang krusial. "Ini menjadi salah satu alasan, karena posisi letak geografis, Indonesia berada di wilayah yang cukup strategis di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, dimana banyak negara sudah berlomba mendapatkan kontrak pengelolaan mineral dari international seabed authority, ” ungkapnya.

Selanjutnya, diapun menjelaskan terkait sejarah. "Prof. Dr. Hasyim Djalal, MA merupakan presiden pertama International Seabed Authority (ISA) dan dilanjutkan menjadi Ketua Finance Committee ISA, bisa dikatakan, Indonesia berperan krusial di tahap pembentukan ISA. Sejarah ini seharusnya memacu semangat kita di saat ini terlibat lebih aktif di ISA dan mendapatkan kontrak ISA, " jelas Sora Lokita.

Saat ini, konkresi mineral di dasar laut sebagai cadangan di masa depan yang memiliki potensi kepentingan ekonomi seperti, Polymetalic Nodules mengandung Copper, Cobalt, Nickel, Besi, Manganese. Terdapat di mayoritas dasar laut dengan kedalaman > 4, 000m area deposit terbesar di Clarion-Clipperton Zone di Samudera Pasifik.

Polymetalic Sulphides mengandung copper, cobalt, gold, silver, rare earth elements (contoh: tellurium). Feromanganese-Crust atau Cobalt Crust mengandung konsentrasi tinggi Cobalt dan rare ellements untuk aplikasi high-tech. Terdapat di kedalaman <4, 00 meter sampai 5000 meter di kawasan dasar laut dengan aktivitas vulkanik yang tinggi.

“Terdapat peluang-peluang yang seharusnya Indonesia manfaatkan. International Deep Sea Mining Code akan segera selesai. Indonesia siap atau tidak siap, perlombaan eksploitasi mineral di “the area” akan dilakukan segera. Ada peluang berbagai program peningkatan kapasitas dari   International Seabed Authority dan para kontraktor, serta tawaran kerjasama dari beberapa negara untuk Indonesia. Semua itu bisa kita manfaatkan untuk kepentingan Indonesia, " sebut Sora Lokita.

Di akhir paparannya dia menjelaskan ada beberapa perkerjaan rumah yang harus diperhatikan seperti penyelesaian rancangan Peraturan Presiden terkait Kawasan Dasar Laut Internasional (PERPRES KDLI), menyiapkan kemampuan eksplorasi dan eksploitasi mineral dasar laut dalam, dan terlibat aktif pada pembentukan setiap pembentukan regulasi internasional di ISA.(***)

BPPT
Suharyadi, S.Pd

Suharyadi, S.Pd

Previous Article

Kementerian Perdagangan Dorong Ekspor Jamu...

Next Article

Anggota DPR RI Slamet: PT Pupuk Indonesia...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 226

Postingan Tahun ini: 821

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 185

Postingan Tahun ini: 2103

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 170

Postingan Tahun ini: 2064

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 109

Postingan Tahun ini: 333

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Ratusan Orang Ikuti Vaksinasi Massal di Perbatasan Magelang-Sleman
Polres Agam Gelar Apel Pasukan Operasi Singgalang 2021
2 Rumah Dihantam Longsor di Nyiur Melambai Pelangai Pessel
Para Pedagang Kaki Lima Jangan Takut, SPPI Akan Dibentuk 
Diduga Tak Sesuai Spesifikasi, BPAN Soroti Pembangunan Rehap Jaringan Irigasi TA 2021 di Desa Tapen Bawen