Diangkat Jadi Mentri Perdagangan, Burmalis Ilyas: Selamat Bertugas Uda Lutfi

Diangkat Jadi Mentri Perdagangan, Burmalis Ilyas: Selamat Bertugas Uda Lutfi

JAKARTA - Kebanggaan sebagai masyarakat Minang terlihat bagi pribadi Burmalis Ilyas, MA.MSi, Pimpinan Minang Diaspora Network Global tatkala salah seorang dalam perombakan (reshufle) Kabinet oleh Presiden Joko Widodo termasuk putra terbaik bangsa berdarah Minang, M. Lutfi, menjadi Menteri Perdagangan RI.

Sebanyak enam Menteri yang diganti satu diantaranya mengemban tugas sebagai Menteri Perdagangan RI adalah Muhammad Lutfi lahir di Jakarta pada 16 Agustus 1969 dari pasangan Firdaus Wadjdi dan Suhartini yang berasal dari Kuraitaji, Pariaman, Sumatera Barat. Lutfi merupakan sarjana lulusan Purdue University, Indiana, Amerika Serikat (AS).

Selasa (23/12/2020), Burnalis dalam laman status facebooknya mengucapkan 
selamat dan sukses untuk Uda Lutfi yang diamanahkan sebagai Menteri Perdagangan.

"Semoga Beliau sehat selalu serta selalu dalam lindungan Allah SWT Amin YRA. M. Lutfi, putra bangsa berdarah Minang, 6 tahun pergi, kini Jadi  Menteri Perdagangan kembali, " ucap Burma.

Setelah lulus dari AS, Ayah Lutfi justru menginginkan anaknya menjadi pegawai negeri. Sebagaimana latar belakang ayahnya yang tradisional dan religius, keinginan seperti itu wajar. Karena bagaimanapun juga profesi pegawai negeri adalah profesi yang aman di mata banyak orang.

Namun Lutfi berpikir lain. Menurut pendapat dia adalah rugi bila latar belakang pendidikannya dari luar negeri hanya mendapat imbalan yang pas-pasan sesuai gaji pegawai negeri.

Karena itu dia langsung memutuskan bekerja di perusahaan swasta. Tapi, Lutfi merasa bekerja di perusahaan swasta tersebut masih belum sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu, Lutfi pun keluar dan memulai wirausaha.

Lutfi mengembangkan usaha bersama Erick Thohir, Wishnu Wardhana, dan Harry Zulnardy. Mereka mendirikan Mahaka Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, dan media. Di perusahaan tersebut Lutfi menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO.

Pada usia 29 tahun, dia menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia untuk Jakarta Yang Lebih Baik (Hipmi Jaya periode 1998-2001, dan kemudian menjadi Ketua Nasional Hipmi pada periode 2001-2004.

Memasuki 2005, dia terlibat dalam Tim sukses Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla (SBY-Kalla), yang kala itu sukses memenangi pemilu. Dia diangkat oleh SBY untuk menduduki posisi pejabat setingkat menteri, yakni Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia, dan dia menjadi orang termuda yang pernah menjabat posisi tersebut.

Pada periode 2008, Muhammad Lutfi diakui sebagai seorang pemimpin muda yang berpengaruh oleh the World Economic Forum’s Young Global Leaders. Dia juga merupakan salah seorang pendiri Masyarakat Ekonomi Syariah.

Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menghadiri deklarasi dukungan alumni Universitas Andalas berbagai angkatan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, Ahad (27/1/2019). Deklarasi digelar di Gedung Joang 45, Jakarta.

"Bicara Unand ini urusan orang Minangkabau. Saya Luthfi 49 tahun ayah dari Pariaman, saat 45 tahun sudah pensiun sebagai Kepala BKPM, Dubes Jepang, dan Mendag merasa berdosa karena sampai hari ini Sumbar belum baik. Saya mohon maaf, " kata Lutfi saat acara deklarasi tersebut.

Lebih lanjut, Lutfi yang menjabat Mendag periode Februari sampai Oktober 2014 itu menyatakan, dirinya ditugaskan oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai tim ahli. 

"Sebagai tim ahli saya banyak buka angka, kemarin saya bicara Indonesia adalah negara yang sedang bergegas. Jokowi-Jusuf Kalla tahun 2018 berhasil membawa di kelas menengah yang kuat ekonomi nomor 16 dengan rata-rata penghasilan perkapita 4.035 dolar AS. Permasalahannya harus ada terobosan baru karena kita harus capai 12 ribu dolar AS untuk menjadi negara yang maju, " tuturnya.

Kini, M. Lutfi kembali ke "kandang lamanya" setelah sekitar 6 tahun ditinggal. Selamat bertugas.

Selain M Lutfi, Burmalis juga mengucapkan selamat kepada Mas Sandiaga Salahuddin Uno yang diamanahkan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Burmalis Ilyas, salah seorang yang mendukung pasangan Anies-Sandi pada Pilkada Gubenur DKI. Burmalis putra Minang asal Pesisir Selatan ini mengungkapkan, baginya, kedua menteri itu yakni M Lutfi dan Sandiaga Uno menjadi pemicu semangat dalam melaksanakan tugas kemasyarakatan dan usahanya.

“Kami juga ikut bangga dengan jabatan baru Uda M Lutfi dan Mas Sandi, semoga sukses dan berhasil menjalankan tugas negara ini. Karena bagi kami Uda Lutfi dan Mas Sandi pantas mengemban amanah tersebut, " tutup Burma. (Agusmardi)

BURMALIS ILYAS
Release

Release

Previous Article

Jokowi Tunjuk Muhammad Lutfi Jadi Menteri...

Next Article

Irjen Petrus Reinhard Golose Dilantik Jadi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Satria Ferry Sonarya verified

Edward Banjarnahor

Edward Banjarnahor

Postingan Bulan ini: 5

Postingan Tahun ini: 117

Registered: Sep 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 207

Registered: Sep 22, 2020

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 254

Registered: Jan 6, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 107

Registered: Feb 19, 2021

Profle

Indra Gunawan

Sidang Konsinyasi PT Timah dengan CV AL RIDHO Berlanjut, Benny Pasaribu Dari Kantor Hukum Otto Hasibuan Optimis Kliennya Menang
Apel Perdana Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Terpilih
Polisi Siber Sudah Mulai Beroperasi, Beginilah Mekanisme Kerjanya
Setelah Assesmen Kerja Tenaga Medis RSUD H. Abdurrahman Sayoeti Diberhentikan
banner

Follow Us

Recommended Posts

Kapolres Pimpin Sertijab, Berikut Nama-nama Pejabat Baru di Lingkungan Polres Luwu Timur
Sebrangi Kali Demi Terpenuhi Kebutuhan Material TMMD Pembuatan Jalan
Kodim Sragen Gelar Karya Bhakti Bronjongisasi
Cegah Claster baru di Wilayah KLU, Polres Lotara Konsisten Berikan Himbauan Prokes saat Giat Rawan Pagi
Apel Perdana Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Terpilih