1,432 Triliun Untuk Iuran Bulanan Gratis SMA / SMK dan SLB Negeri di JABAR

    1,432 Triliun Untuk Iuran Bulanan Gratis SMA / SMK dan SLB Negeri di JABAR
    Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supendi

    BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dari Juli 2021 hingga saat ini (awal Desember 2021) telah menyalurkan anggaran sebesar Rp1, 432 triliun untuk iuran bulanan gratis SMA negeri/SMK negeri dan SLB negeri.

    "Hingga Juli 2021 sampai sekarang, itu sudah Rp1, 432 triliun yang tersalurkan untuk SPP gratis SMA/SMK/SLB negeri di Jabar, " kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supendi, di Bandung, Jumat.

    Iuran bulanan gratis, kata Dedi, ialah program bantuan yang digagas oleh Pemprov Jawa Barat untuk Biaya Operasional Pendidikan Daerah (BOPD) SMA/SMK/SLB Negeri dan Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) untuk sekolah swasta.

    "Jumlah siswa SMA SMK dan SLB Negeri di Jabar mencapai 779.872 orang dengan anggaran BOPD mencapai Rp1, 4 triliun. Sedangkan jumlah siswa SMA SMK SLB MA swasta di Jawa Barat 1.272.599 orang dengan anggaran BPMU mencapai Rp890, 8 juta, " kata dia.

    Menurut dia, alokasi anggaran BPOD dan BPMU yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk sekolah menengah atas jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan BPOD dan BPMU Provinsi Jawa Timur. "Ini menunjukkan perhatian Pemprov Jabar untuk dunia pendidikan, khususnya sekolah menengah atas sangat tinggi. Anggaran BPOD dan BPMU kita jika digabungkan mencapai Rp2, 4 triliun, " kata dia.

    Dedi menuturkan hingga saat ini masih banyak sekolah, terutama sekolah swasta uang menahan ijazah peserta didiknya.Oleh karena itu, lanjut Dedi, anggaran BPMU di sekolah swasta bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan sekolah yang menahan ijazah peserta didiknya.(***)

    Sulbar
    Nanang Suryana Saputra

    Nanang Suryana Saputra

    Artikel Sebelumnya

    Jelang Nataru, Polda Kalteng Imbau Masyarakat...

    Artikel Berikutnya

    Novita Wijayanti Apresiasi Progres Pembangunan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kapolda Sulsel Jadi Narasumber di Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Hasanuddin 2024
    Puluhan Wartawan di Bartim Seruduk DPRD  Sampaikan 7 Tuntutan
    Sambangi Warga, Personel Bhabinkamtibmas Polsek Jatisari Sosialisasikan Layanan Pengaduan Polri
    Antisipasi Banjir, Babinsa Koramil 0824/02 Arjasa Bersama Warga Kemuninglor Kerja Bakti Normalisasi Selokan
    Jelang Pilkada Serentak, Polres Agam Gelar Latihan Sispamkota

    Ikuti Kami