Tim Satgas Covid-19 Periksa Pemudik yang Berlabuh di Pantai Timur Jambi

Tim Satgas Covid-19 Periksa Pemudik yang Berlabuh di Pantai Timur Jambi
suasana pemudik menjalani protokol kesehatan sebelum diperiksa Tim Satgas Covid-19 Tanjungjabung Barat di Pelabuhan Roro, Kuala Tungkal, Jambi, Kamis (30/7).

JAMBI – Mengeleminir potensi penyebaran virus korona (Covid-19) di kawasan pantai timur Jambi, Tim Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjab Barat) yang dikomandani Kapolres Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guntur Saputro memeriksa kondisi dan riwayat kesehatan ratusan pemudik yang berlabuh di Pelabuhan Roro, Kota Kuala Tungkal, Kamis (30/7).

“Kualatungkal adalah  salah satu pintu masuk arus mudik ke Jambi melalui jalur laut pantai timur. Kita tidak mau kecolongan, dan kami melakukan pemeriksaan semua penumpang dan barang yang diangkut kapal, guna mengatisipasi adanya potensi penyebaran Covid-19,” kata AKBP Guntur Saputro.

Guntur menyebutkan, setiap penumpang yang turun diperiksa kondisi kesehatan dan suhu tubuh mereka. Termasuk satu persatu diperiksa dokumen rapid test dan surat bebas Covid-19 dari daerah asal kedatangan pemudik, yakni Kota Batam, Kepulauan Riau.

Selama pemeriksaan, seluruh anggota Tim Satgas, pengguna jalur pelabuhan Roro diwajibkan mematuhi standar operasional protokol kesehatan. Setiap penumpang yang diperiksa data mereka tercatat by name by adress.

Selain memeriksa pemudik, puluhan  kendaraan roda empat dan roda enam yang turun dari kapal Kamis pagi, juga diperiksa. Selian memeriksa dokumen, secara menyeluruh kendaraan yang turun dari kapal disemprot cairan desinfektan.

“Apa yang kita lakukan hari ini, selain merupakan tanggung jawab  tugas, diharapkan memberikan jaminan kesehatan bagi pemudik saat merayarakan dan menjalankan ibadah Idul Adha  bersama keluarga di kampung halaman masing-masing,” harap Guntur. (permato)