Terima Kunjungan Menteri Kominfo Terkait Pembangunan Data Center Nasional, Ini Harapan Walikota Bitung

Terima Kunjungan Menteri Kominfo Terkait Pembangunan Data Center Nasional,  Ini Harapan Walikota Bitung
Sambutan Walikota Bitung di lokasi lahan pembangunan data center Nasioanal Kel.Pinokalan
BITUNG - Di posisikan menjadi  titik central atau lendingface pusat data nasional, Pemerintah kota Bitung tentunya selain mempersiapkan lahan, juga harus memenuhi segala hal yang menjadi syarat dan ketentuan, sebagaimana halnya yang disampaikan Menteri Komimfo Jhonny G Plate saat lakukan peninjauan lahan pembangunan Pusat data yang berlokasi di Kelurahan Pinokalan Kecamatan Ranowulu.
Terkait hal itu Walikota Bitung Maximillian J Lomban dalam sambutannya, kepada Menkominfo mengungkapkan Bitung yang memiliki luas 340 Km Bujur Sangkar dengan jumlah penduduk 240 ini terbagi wilayah dalam 8 Kecamatan dan 69 Kelurahan. 
 
Dan Sekarang ini lanjut Lomban kita berada di Kelurahan Pinokalan Kecamatan Ranowulu,  Lokasi ini adalah sesuai dengan tata ruang yang sudah dipersiapkan dan sesuai dengan revisi terakhir, dan lokasi ini merupakan lokasi pengembangan pemukiman.  "Kita tidak mengembangkan ke Timur karena Timur kita peruntukan untuk pariwisata, sedangkan ke Barat mengarah ke Minahasa Utara untuk pemukiman." Kata Max Lomban, Selasa (28/07/2020)
Lanjut kata Lomban bahwa lokasi ini dipersiapkan untuk Pusat data kawasan timur Indonesia, dan sudah di Survei tim Menteri Kominfo, namun demikian keputusan ada ditangan bapak Menteri,  "Yes or No itu menteri yang putuskan."tukasnya
"Kami berharap lokasi ini bisa sesuai dengan rencana yang sudah direncanakan oleh Kementrian Komunikasi dan informatika. Dan untuk  pembangunan sendiri itu sebagian di dataran, sebagian lagi yang ada di pegunungan." jelas Lomban
Dan  Lokasi ini   kelihatan masih seperti ini karena menurutnya ini adalah lokasi baru yang di bebaskan untuk rencana pemukiman dan kegiatan-kegiatan yang lainnya, termasuk perguruan tinggi dari alkhairat yang akan dibangun disini sebagaimana permintaan pak Ahmad Ali, karena itu kami juga sudah mempersiapkan 1.5 hektar, mudah2an ini dapat terlaksana.
"Kami menghadirkan kepala BPN disini, itu  karena dari awal pengadaan lahan ini  kami sudah melibatkan BPN,  ini adalah Betul-betul  proses, dalam rangka pertanahan itu dapat dilakukan oleh pihak BPN." Tutupnya.
Usai acara  Lomban menyerahkan buku berisikan empat pra-syarat kepada Menkominfo sebagai referensi agar nantinya Bitung bisa terpilih menjadi salah satu titik pembangunan data canter Nasional. (Abdul)