Sosialisasikan Penyuluhan Antikorupsi, API Indonesia Gelar APII Virtual Meeting 2021 

Sosialisasikan Penyuluhan Antikorupsi, API Indonesia Gelar APII Virtual Meeting 2021 

JAKARTA - Di tengah Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, membuat banyak masyarakat menjadi kurang produktif. Tak hanya itu adanya pandemi ini juga dimanfaatkan banyak pemangku kebijakan untuk mengambil hak masyarakat yang bukan miliknya, seperti kasus korupsi bantuan sosial hingga pengadaan alat tes anti gen palsu.

Walaupun begitu banyak problematika yang dihadapi dimasa ini, tidak menyurutkan semangat pelajar yang tergabung dalam Agen Pelajar Integritas Indonesia (API Indonesia) untuk terus berusaha mengambil kesempatan belajar dalam upaya membangun semangat Antikorupsi dimasyarakat, khususnya kepada kaum muda sebagai generasi pemegang tongkat estafet bangsa ini.

Bekerjasama dengan Indonesian Youth Generation (IYG) dan Anti-Corruption Learning CenteR-Komisi Pemberantasan Korupsi (ACLC-KPK) kegiatan ini diberi nama API Indonesia Virtual Meeting (APIIVM) 2021, kegiatan ini mengambil tema “Membangun Persaudaraan, Menguatkan Integritas”.

Diikuti oleh puluhan Anggota API Indonesia, kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa Malam (18/5) via Zoom Meeting ini diisi dengan berbagai agenda seperti Halal bi halal, Sosialisasi penyuluh Antikorupsi oleh Ryan Dani Saputra selaku perwakilan Lembaga Sertifikasi Profesi - Komisi Pemberantasan Korupsi (LSP - KPK), Games oleh Adi Tasya Nurzahra perwakilan ACLC-KPK. Selain itu Anggota API Indonesia juga berbagi pengalaman yang saling menginspirasi pada sesi Semenit Menginspirasi.

Sehingga kegiatan ini tak hanya menjadi wadah untuk saling sapa sesama anggota API Indonesia tapi juga menjadi wadah menguatkan kembali semangat berkontribusi untuk bangsa melalui 9+1 nilai-nilai integritas. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ahmad Naufal salah satu anggota API Indonesia 2018

“Meski diadakan secara virtual namun kegiatan ini terkemas sangat menarik, saya tak hanya dapat kembali bersua dengan teman-teman lainnya terkhusus teman seperjuangan di tahun 2018 tapi juga tentunya pengetahuan dari kegiatan ini seperti di sesi sosialisai penyuluh KPK yang kembali mengingatkan saya untuk terus belajar demi menyuarakan dan menyebarkan 9+1 nilai-nilai integritas, ” ungkapnya.

Lebih lanjut Naufal berharap kegiatan ini dapat terlaksana disetiap tahunnya karna banyak inspirasi dan pesan yang didapatkan. “Semoga kegiatan ini tetap dapat terlaksana di tahun tahun berikutnya karna saya sangat merindukan inspirasi lainnya dari teman-teman, ” tutupnya.

Serupa dengan yang diungkapkan Naufal, Regita Putri Cahyani salah satu Anggota API Indonesia 2019 mengutarakan jika kegiatan ini memberikan banyak pengajaran perihal penyuluh Antikorupsi, khususnya saya dan teman-teman lainnya yang baru melanjutkan pendidikan di bangku perguruan tinggi.

“Kegiatan ini bagi saya sangat seru walaupun dibatasi oleh layar tapi ilmu yang didapatkan tersampaikan dengan baik, saya juga yang baru menginjakkan kaki diperguruan tinggi menjadi tahu kalau kita dapat melanjutkan untuk berkontriusi lebih kemasyarakat dengan mengambil sertifikasi penyuluh anti korupsi yang ter SK-kan langsung oleh KPK, ” pungkasnya.

Regita juga berharap di tahun ini ada agen-agen pelajar baru yang kembali menjadi bagian dari API Indonesia yang sempat tertunda ditahun sebelumnya.

“Karena ditahun sebelumnya tidak ada agen pelajar baru jadi saya berharap ditahun ini kembali dapat merekrut agen-agen baru yang tentunya dapat menambah keseruan di acara virtual meeting berikutnya, ” tutupnya. (***)

APII
Suharyadi, S.Pd

Suharyadi, S.Pd

Previous Article

Pratama Persadha: Merger Tokopedi dan Gojek,...

Next Article

Anggota DPR RI Guspardi Gaus: Tenaga Honorer...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 275

Postingan Tahun ini: 870

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 209

Postingan Tahun ini: 2127

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 204

Postingan Tahun ini: 2098

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 151

Postingan Tahun ini: 375

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Dinkes Sumbar Targetkan 414.582 Stok Vaksin Habis September Ini
Bupati Way Kanan Hadiri Pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan PAUD-HI
Polemik Tapal Batas di Tidore Utara, Ini Tanggapan Kabag Pemerintahan
Polda Sumbar Ungkap Perdagangan Miras Tanpa Izin, Pelaku Menjual Secara Online
Gusmiyadi Apresiasi PT Bridgestone "Respon Cepat Perbaiki Jalan Menuju Nagori Dolok Khataran