Peringati Hari Juang Polri, Kapolri: Berikan Pengabdian Terbaik ke Masyarakat

    Peringati Hari Juang Polri, Kapolri: Berikan Pengabdian Terbaik ke Masyarakat

    JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan 21 Agustus 2024 sebagai Hari Juang Polri. Jenderal Sigit meminta hal ini menjadi momentum bagi kepolisian untuk memberikan pengabdian terbaik ke masyarakat.

    "Bapak Kapolri menyampaikan pentingnya menjaga komitmen dan kesetian dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat, " kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Senin (19/8/2024).

    "Beliau (Kapolri) menginginkan peringatan Hari Juang Polri juga menjadi momen refleksi bagi Polri untuk terus melanjutkan perjuangan dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta mengabdi sepenuh hati kepada bangsa dan negara, " sambung Trunoyudo.

    Untuk itu sambung Trunoyudo, Kapolri mengeluarkan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/95/I/2024 tanggal 22 Januari 2024 tentang Hari Juang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VII/2024 tanggal 12 Agustus 204 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.

    "Untuk pertama kalinya kami (Polri) memperingati Hari Juang Polri dengan menggelar upacara di Monumen Perjuangan Polri di Surabaya pada Rabu 21 Agustus 2024. Tema yang diambil pada Hari Juang Polri yaitu Dengan Semangat Proklamasi Polisi 1945, Polri Menyongsong Indonesia Emas 2045, " kata Trunoyudo.

    Ia menerangkan, 21 Agustus 1945 merupakan peristiwa bersejarah bagi Polri. Kala itu, Komandan Polisi Istimewa Surabaya, Inspektur Kelas I Moehammad Jasin membacakan teks Proklamasi Polisi; OENTOEK BERSATOE DENGAN RAKJAT DALAM PERDJOEANGAN MEMPERTAHANKAN PROKLAMASI 17 AGOESTOES 1945, DENGAN INI MENJATAKAN POLISI SEBAGAI POLISI REPOEBLIK INDONESIA.

    "Peristiwa tersebut merupakan momentum penting yang memicu semangat anggota polisi untuk mendukung dan mempertahankan kemerdekaan RI dengan cara melakukan perlawanan terhadap kedatangan sekutu sampai dengan terjadi peristiwa 10 November 1945, dan perlawanan penjajahan Belanda dan Jepang di beberapa daerah. Nilai kejuangan inilah yang patut dipertahankan dalam membangun bangsa dan negara Indonesia, " pungkasnya. (*) 

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Semarakan HUT Ke-79 TNI, Ayo Ikuti dan Bergabung...

    Artikel Berikutnya

    Dandim 1710/Mimika Pimpin Serah Terima Jabatan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Sidang Caba PK Reguler di Kodam Brawijaya, Jaring Bibit Prajurit Berkualitas
    Perhutani Probolinggo Gelar Bakti Sosial Donor Darah Dalam Peringatan HUT RI Ke-79 Tahun 2024
    Patroli Biru Polsek Parungkuda Polres Sukabumi Antisipasi Kriminalitas
    Laksanakan Sambang Dialogis Dengan Warga, Bhabinkamtibmas Desa Karanganyar Sampaikan Pesan-Pesan Kamtibmas
    Satu Tahun Berlalu, Perkembangan Dugaan Tipikor Pengadaan Lahan SMAN 7 Baubau 4,9 Milyar

    Ikuti Kami