Tidak Transparan, Anggota LMDH Tuntut Keterbukaan Kerjasama Dengan Perhutani Dan Pihak Lain

kuswanto, 29 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Warga Desa Senggowar Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk yang tergabung di Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) Nganjuk menilai tidak ada keterbukaan dan kejelasan kerjama antara Perhutani dan pihak lain.

Informasi yang dihimpun di lapangan.terjadinya banjir yang merendam beberapa desa di wilayah Kecamatan Gondang, Nganjuk Beberapa waktu lalu menguak adanya ketidaksesuaian kerjasama antara LMDH dengan pihak Perhutani KPH Jombang dan pihak lain.

Menurut anggota LMDH yang mengaku bernama Marno menyampaikan, bahwa mereka tidak dilibatkan dalam perjanjian kerjasama dengan Perhutani KPH Jombang maupun dengan pihak lain terkait kerjasama dalam pengelolaan tanaman tebu dilahan Perhutani.

“kulo estu..mboten nate diparingi ngertos masalah perjanjian kalian Perhutani utawi lintunipun, nopo Malih perkawis bagi hasil, cobi mas tanglet dateng ketua LMDH mawon. Nopo malih perkawis nyambot damel pengelolaan lahan sharing ugi anggota LMDH kalian Perhutani KPH Jombang ugi ngeh mboten nate diparingi ngertos.Niki ngeh saget ndamel bingung kulo"tutur Marno dengan khas bahasa jawa yang yang selama ini menggantungkan ekonomi hidupnya dari bertani. Rabu (29/01/2020)

Marno menambahkan, kerjasama pembagian hasil pengelolaan lahan antara anggota, Perhutani dan pihak lain juga tidak jelas. Kalau hal itu terus dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan gejolak lebih besar.

Sementara itu, Asper BKPH Ngujung timur Lengkong Hinu Pulung saat ditemui di kantornya Senin 27 Januari 2020 terkait kerjasama dengan LMDH dan pihak lain mengatakan, kalau dirinya tidak berwenang menyampaikan hal tersebut, menurutnya semua perjanjian ada di kantor KPH Jombang.

"Bukan maksud kami tidak bisa memberikan informasi, semua satu pintu lewat ADM Perhutani Jombang, Namun ini hanya penjelasan dan tidak dikomsumsi publik,"ucapnya. (Rian/Kla)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu