Pusdiklatcab Tali Tigo Sapilin Bertekat Sukseskan Program Kwarcab

syafriantoagam, 10 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

 

Agam _ PUSDIKLATCAB TALI TIGO SAPILIN BERTEKAD SUKSESKAN PROGRAM KWARCAB
Rapat Akhir Tahun yang digelar oleh Pengurus Pusdiklatcab Tali Tigo Sapilin bersama Korp pelatih Kwarcab Kab.Agam pada Sabtu 7 Desember 2019, di Hando Café Resto Ngarai Sianok Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, didukung sepenuhnya oleh Ketua Kwarcab 0306 Gerakan Pramuka Agam.

“Kwarcab Agam menyambut baik dan berterima kasih atas terlaksananya Rapat Akhir Tahun ini, sebagai kegiatan yang sangat positif dan konstruktif, ucap Ketua Kwarcab 0306 Gerakan Pramuka Agam diwakili Waka IV / Ketua Bidang Organisasi Keuangan Usaha dan Pengabdian kak Khairul Koto, S.Sos dihadapan Pengurus Pusdiklatcab dan Korp Pelatih Pembina Pramuka Kabupaten Agam.

Pada tahun 2019 ini, kita telah melaksanakan berbagai kegiatan di tingkat cabang dan selalu aktif tiada henti berpartisipasi mengikuti kegiatan di tingkat Kwarda dan Kwarnas. Termasuk kegiatan akbar MAHAPRAJA LKTP II yang melibatkan seribu empat ratusan peserta Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, serta Pramuka Penegak dan Satuan Karya Pramuka. Belum lagi kehadiran Pembantu Pembina, Anggota DKR, Pembina Pendamping dan Pimpinan Kontingen yang jumlahnya mendekati lima ratusan orang tegas Khairul Koto.

Berangkat dari penyampaian materi dan pembahasan melalui tanya jawab dan diskusi, Pusdiklatcab dan Korp Pelatih mendukung sepenuhnya program kegiatan Kwarcab yang telah dilaksanakan plus yang akan dilaksanakan. Antara lain, mempercepat pelaksanaan Sosialisasi Akreditasi Gudep dan Administrasi Kwartir di akhir tahun ini, tersusunnya jadwal  pelaksanaan dan target pencapaian Akreditasi Gudep pertahun, serta selalu mengikuti kegiatan penilaian Gudep Unggul ke Tingkat Daeran dan Nasional. 

Yang tak kalah pentingnya, program pemberian Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) bagi Pengurus, Andalan, Mabi, Pembina, Pelatih dan sesepuh pramuka yang harus meningkat, diperketat dan diperkuat. Ini penting sebagai penghargaan atas perilaku yang luhur, kesetiaan, keaktifan, jasa, karya, dan darma baktinya kepada pramuka serta keberanian  yang luar biasa, yang dianggap cukup berguna bagi kepentingan dan perkembangan kepramukaan.

Program peningkatan kapasitas Anggota Muda dan Anggota Dewasa perlu lebih diprioritaskan terutama di Kwarran dan gudep. Di setiap kwarran, diharapkan setiap Kwarran merumuskan dan menetapkan pelaksanaan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) minimal sekali dalam setahun. Khusus untuk Kwarran Baso, Ampek Angkek, Tilatang Kamang dan IV Koto diharapkan dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML).

Dari forum rapat tersebut, mencuat adanya keingingan yang kuat dari Pusdiklatcab dan Korp Pelatih untuk melakukan studi banding ke salah satu kwarcab yang berhasil dalam melaksanakan Akreditasi Gudep, dan berharap keinginan ini diakomodasi dan difasilitasi oleh Kwarcab pada akhir tahun 2019 atau 2020, termasuk mengajukan usulan revisi Juara Umum Lomba Kreatifitas Tingkat Penegak melalui Surat Keputusan Kwarcab. 

Semoga semua yang menjadi pembicaraan, pembahasan, diskusi dan tanya jawab dalam rapat ini, memperkokoh komitmen dan tekad demi kejayaan Gerakan Pramuka Kabupaten Agam khusunya, dilandasi dengan semangat ikhlas berbakti membina anak bangsa, berbudi luhur dan memberi kebajikan serta menepati janji satunya kata dan perbuatan, yang terpatri dalam semboyan Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana serta moto Gerakan Pramuka Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan, informasi dari Khairul.K(Syafrianto)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu