Kantor Layanan Lazismu Unit Baitul Maal Khairu Ummah Semangat Sambut Ramadhan 1441 H Ditengah Wabah Covid-19

lukman, 23 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BOGOR,- Dalam rangka menyambut dan menyemarakan bulan suci Ramadhan 1441 H, Kantor Layanan lazismu Unit Baitul Maal Koperasi Syariah Khairu Ummah melaksanakan program-program unggulan sebagai berikut:

1. Pembagian Sembako Gratis.

Pembagian Sembako gratis ini adalah salah satu program yang selalu dilaksanakan setiap tahun,berupa paket logistic yang ditujukan untuk fakir miskin dan masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya dikarenakan dampak dari wabah Covid 19. Kegiatan ini dilakukan dengan skema door to door dan tersebar di wilayah Kecamatan Nanggung, Jasinga, Leuwisadeng, Puraseda, Ciampea dan Leuwiliang, dengan total paket Sembako sebanyak 220 paket. Di tahun ini paket Sembako yang dibagikan meningkat dari tahun sebelumnya, baik dari jumlah nominal isi paket ataupun jumlah paket yang dibagikan.

2. Pembagian Nasi Box dan Takjil Gratis.

Di awal tahun 2020, KL Lazismu Baitul Maal Khairu Ummah memiliki program baru berupa pembagian sarapan gratis setiap hari Jum'at. Kemudian di bulan Ramadhan 1441 H, Program pembagian nasi box ini laksanakan setiap hari dengan tambahan menu berupa ta’jil. Pembagian nasi box dan takjil gratis ini berikan kepada masyarakat dengan cara membuka lapak di depan Kantor Koperasi dan  dengan cara berkeliling ke pasar untuk dibagikan kepada tukang ojek, tukang becak, petugas parkir, pemulung, petugas kebersihan dan masyarakat yang membutuhkan.

3. Santunan anak yatim dan dhuafa

Selain pembagian Sembako gratis yang setiap tahun dilaksanakan, KL Lazismu Baitul Maal Khairu Ummah pun memiliki program santunan anak yatim dan dhuafa. Di tahun 2020 pembagian santunan anak yatim meningkat dari tahun lalu sebanyak 450 orang menjadi 480 orang. Yang berbeda dari proses santunan anak yatim tahun ini adalah, tidak mengumpulkan anak dalam 1 tempat dan 1 waktu. Pembagian Sembako diserahkan melalui pembimbing masing-masing lembaga atau kelompok, sehingga tidak adanya pelanggaran PSBB yang sedang diterapkan oleh Pemerintah.

4. Santunan dhuafa bekerjasama dengan Bank Syariah Amanah Ummah.

Santunan dhuafa yang bekerjasama dengan Bank Syariah Amanah Ummah adalah kerjasama untuk yang ke 3 kalinya. Di tahun 2020 jumlah penerima santunan dhuafa meningkat 97 orang dari tahun sebelumnya sebanyak 800 orang menjadi 897 orang.
Dalam program ini KL Lazismu Baitul Maal Khairu Ummah tetap melakukan protokol pencegahan penularan Covid-19 dengan cara membagi 897 orang menjadi beberapa kelompok dengan tanggal dan jam berbeda. Sehingga  pembagian santuna dhuafa ini memakan waktu selama 7 hari dari tanggal 13 – 20 Mei di kantor KL Lazismu Baitul Maal Khairu Ummah. Selain membagi peserta dalam 7 hari, KL Lazismu Baitul Maal Khairu Ummah melakukan pengecekan suhu tubuh dan mewajibkan peserta menggunakan Hand Sanitizer dan masker.

5. Pembagian THR untuk petugas kebersihan, tukang parkir, marbot, guru ngaji dan guru honorer.

Salah satu yang menjadi perhatian dari KL lazismu Baitul Maal Kahiru Ummah di bulan Ramadhan 1441 H adalah masyarakat yang berprofesi sebagai petugas kebersihan, tukang parkir, guru ngaji dan merbot masjid. Di tahun 2020 KL Lazismu Baitul Maal Khairu Ummah membagikan THR kepada 30 orang yang layak menerima. 

6. Pembagian 1.000 Masker dan Hand Sanitizer gratis.

Untuk pembagian 1.000 masker gratis dan Hand Sanitizer dilakukan secara bertahap ke lokasi-lokasi padat aktivitas. Sebagai bentuk edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menghindari penularan Covid 19. Program ini juga menjadi bagian dari kontribusi KL Lazismu Baitul Maal Khairu Ummah untuk terus mendorong pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya melindungi diri yang juga dibarengi dengan memperkuat imunitas tubuh, dan menjalankan pola hidup sehat serta rajin berolahraga.

Program Ramadhan di tahun 2020 ini mengalami peningkatan cukup signifikan baik dari nominal maupun jumlah penerima. Hal ini tidak lepas dari kepercayaan anggota Koperasi Syariah Khairu Ummah, masyarakat umum dan lembaga yang telah ikut berpartisipasi dan memberikan kepercayaan kepada “KHAIRU UMMAH’ dalam menyalurkan sebagian rizkinya kepada masyarakat yang mebutuhkan.

" Harapan kami semoga Pandemi yang saat ini menimpa kita cepat berlalu dan dapat semakin memperkuat ukhuwah islamiyah serta menumbuhkan rasa kepedulian social yang tinggi, sehingga dapat meringankan beban saudara-saudra kita yang mengalami kesulitan. Kami juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para muzaki dan seluruh donatur yang telah menyisihkan hartanya serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan Ramadhan serta upaya dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 saat ini ", tutur Kepala Koperasi Syariah Khairu Ummah.  ( Red )

 

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu