Kades Dadapan: Reklamasi Sebagai Optimalisasi Kesuburan Tanah Pertanian

kuswanto, 09 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Warga yang memanfaatkan lahan non produktif menjadi lahan produktif dilakukannya untuk mendapatkan tanah yang subur agar nantinya dalam mengolah pertanian berupa tanam padi, kedelai, jagung, kacang dan sayur-sayuran merupakan hal yang diharapkan oleh petani untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Senin (9/12/2019)

Salah satu yang tepat adalah reklamasi yaitu dengan membuang lahan yang non produktif dan diganti dengan tanah yang subur (produktif) agar dalam program ketahanan pangan dapat terwujud. Meski begitu, Pemerintah Desa Dadapan tetap berupaya berbuat yang terbaik untuk kemajuan warganya.

Menurut zaim, kulo niki kan mboten ngertos, mergi tanah kulo meniko mboten sae dados kulo buang, kulo gantosi siti ingkang sae (saya ini tidak mengerti, karena tanah saya tidak bagus,ahirnya saya ganti tanah yang bagus).

"Mas.. Tolong kulo disajari menawi lampah kulo salah (Mas.. Tolong saya di ajari kalaupun langkah saya tidak bener), "jelasnya. 

Sementara Kepala Desa Dadapan Yulianton saat ditemui awak media di kantornya, menjelas-kan, memang lahan didesa kami banyak yang tidak produktif mungkin secara geografis Desa kami dapat dilakukan reklamasi.

“Saya sendiri juga mendukung kalau itu untuk kepentingan lahan yang produktif dan kami sarankan untuk mengkolsutasikan lahan tersebut ke Dinas terkait,” ungkap Yulianton.

Walaupun lahan didesa kami adalah lahan pertanian, kata Yulianton, sebagian besar warganya justru bermata pencaharian sebagai petani.

“Memang pertanian yang unggul di sini itu sebagian besar padi, jagung, kacang, serta sayuran. Namun ketika direklamasi lahan menjadi produktif,” terang Yulianton.

Melihat kondisi tersebut, Yulianton mengaku tak ingin patah semangat. Iapun berupaya melakukan sejumlah sejumlah terobosan. Salah satunya dengan memanfaatkan reklamasi pada Program Infrastruktur untuk usaha tani.

Tak hanya warga Desa Dadapan dan warga Desa mengaku gembira dengan adanya reklamasi tersebut. 

“Saya juga ikut gembira. Ternyata apa yang saya lakukan, tidak hanya bermanfaat, namun bermanfaat juga kesuburan tanah warga sekitar,” tutup pria yang disapa Mas Anton. (kasmari/bing/kla)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu