Data Warga Diubah, Oknum Gamot di Nagori Sait Buttu Saribu Permainkan Bansos Covid-19

khairulamry, 23 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

SIMALUNGUN- Dapat dikatakan, Aneh Tapi Nyata terkait penyaluran bantuan Pandemi Covid-19 oleh pemerintah pusat melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa terjadi perubahan data warga penerima manfaat. Tak terima, akhirnya warga mempersoalkan hal ini melalui jalur hukum, melapor kepada Aparat Penegak Hukum.

Warga menuding oknum aparat Pemerintahan Nagori (Desa ;red) merubah data penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana Desa  itu secara spontan. Tindakan ini seakan-akan bantuan yang dikucurkan pemerintah pusat itu milik pribadi masing-masing oknum perangkat pemerintahan nagori.

Informasi dihimpun, reaksi kekecewaan warga akibat perbuatan oknum perangkat nagori di jalan umum, Dusun Gorbus, Nagori Sait Buttu Saribu, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (22/05/2020) sekira pukul 15.00 Wib..

Riden Sumbayak mengungkapkan persoalan berawal saat istri oknum Gamot (Kepala Dusun; red) mendatangi dan tujuannya mengambil KTP kami. Istri Gamot menyebut tujuannya agar kami mendapat bantuan uang dari pemerintah..

"Sebelumnya istri aparat desa Gamot dusun Gorbus nagori Sait Buttu Saribu sudah datang ke rumah untuk meminta KTP  kami mendapat bantuan uang itu," ujar Riden Sumbayak kepada jurnalis indonesiasatu.co.id.

Boru Manik menyesalkan dan menimpali ucapan Riden Sumbayak (suaminya; red), sebelumnya sudah ada nama suaminya di dalam pendataan itu, tertera di Kantor Camat Pematang Sidamanik. Tak tau menau, ternyata data itu sudah diganti dengan data yang baru. Boru Manik dan suaminya terkejut dan kesal atas kekonyolan oknum aparat pemerintah yang mengganti atau menukar nama di data itu.

"Sudah ada semalam lima orang didata pertama, warga Dusun Gorbus ini. Namun, entah bagaimana didata yang baru, sekarang ternyata nama suamiku bersama kawan yang lain dihapus," bebernya.

Pangulu Nagori Sait Buttu Saribu Ngatio menerangkan kondisi geografi nagori yang wilayahnya luas dengan jumlah populasi penduduk sebanyak 1420 KK tersebar di 7 wilayah Dusun. Soal perubahan nama, Ngatio telah menginstruksikan kepada Gamot Rudi Sitio melakukan pendataan dengan sebenarnya dan harus valid.

"Ada Gamotnya lakukan pendataan. Kalau saya kan ngak sanggup mendata semua. Bagi mereka yang belum mendapat bantuan, berupa uang, diharap warga binaanku bersabarlah, kan ini ada perpanjangan menjadi enam bulan lagi," kata Ngatio saat dihubungi jurnalis indonesiasatu.co.id melalui selular.

Sementara, Gamot Dusun Gorbus Rudi Sitio belum dapat dikonfirmasi terkait perubahan data penerima bantuan dan adanya tudingan warga, oknum aparat pemerintahan nagori telah melakukan pergantian nama warga yang sebelumnya telah didata.

(TOM)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu