405.5 Ton Kotoran Sapi di Kawasan Agropolitan Kocar-Kocir

indonesiasatu, 20 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BUOL -  Proyek besar pembangunan kawasan pedesaan  agropolitaan  2017 -2022  di kabupaten  Buol  kecamatan Tiloan tepatnya di desa Airterang nampak sudah berjalan . Proyek yang sudah .menelan anggaran APBD II kisaran 30 milyar hampir rampung.

Kawásan ex kawasan kota terpadu mandiri (KTM)  ini di jadikan kawasan peternakan sapi, diharapkan nantinya kabupaten Buol menjadi salah satu daerah di Indonesia timur penyuply kebutuhan daging Nasional.

Masuki tahun ke 3 tahun 2020 progran peternakan sudah berjalan.

Pemerintah daerah sudah mengelontorkan anggaran pembelian sapi sebanyak 600 ekor sapi jenis sapi bali dań 150 ekor sapi peranakan anggola dibagikan ke tiga desa dan 450 di pelihara dikawasan peternakan

Namun perencanaan tak seindah gambaran kini peternakan di hadapkan berbagai masalah yakni masalah tenaga kerja perawatan, pencari pakan,pemberian pakan , sampai pembersihan kadang sapì

Dampaknya sebanyak 61 ekor sapi mati , selain itu limbah kotoran sapi kocar -kacir đi sekitaran ķawasan bahkan mengalir ke sungai. Disebabkan belum siapnya penampungan limbah kotoran sapi baik kencing  dan kotoran.

Limbah kotoran yang jumlahnya kisaran 5 kg/ sapi /hari  dalam sebulan akan terkumpul  67.5 ton  / bulan, sehingga selama 3  bulan sejaķ bulan nopember 2019 terkumpul  202.5 ton dalam 3  bulan terakir. Diperkirakan tiga bulan kedepan penampungan limbah yang di rencanakän akan di proses sebagai bahan biogas masih belum beroperasi. Itu artinya jumlah kotoran bertambah duakali menjadi 405 ton.

Walaupun kontoran sapi dapat menjadi pupuk organik bagi tanaman dalam jumlah besar  kemungkinan akan berdampaķ pada pemcemaran lingkungan.

Kepala dinas pertanian dan peternakan Kabupaten Buol Usman Hasan saat di konfirmasi terkait pengolahan limbah kotoran  di lokasi peternakan desa airterang (18/1/20) memgakui limbah kõtoran sapi belum dapat di proses untuk bio gas dan juga tidak dapat di tampung. Pemgakuanya limbah kontoran dan kencing cara pembersihanya hańya di semprot demgan air dan mengalir keluar areal lawasan. 

"Rencananya limbahnya diolah menjadi  Biogas. Untuk sementara cara pembersihanya kotoran dîseprot air saja"
Ungkapnya. (Bambang Joko Sugîto)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu