Melalui Kebun Perbekalan, Pemda Maluku Tenggara Lestarikan Nilai Budaya Kei

Melalui Kebun Perbekalan, Pemda Maluku Tenggara Lestarikan Nilai Budaya Kei
Kebun Perbekalan

MALTRA - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) saat ini sedang giat mengerjakan Vee Vo Kes Yang (kebun perbekalan) dalam upaya penanganan dampak ketahanan pangan akibat covid-19 di Maluku Tenggara.

Dalam surat sekda Kabupaten Maluku Tenggara nomor 007/3259/SETDA tanggal 8 Juli 2020 yang ditujukan kepada pimpinan OPD dalam lingkup Kabupaten Maluku Tenggara tersebut diberitahukan tentang persiapan pencanangan penanaman di Vee Vo Kes Yang (kebun perbekalan), Sabtu (11/7/2020) mendatang.

Surat yang ditandatangani Sekda A.Yani Rahawarin itu, menegaskan kepada masing-masing perangkat daerah untuk membuat sar (sawung) pada masing-masing petak kebun sesuai hasil undian pada Jumat (3/7/2020) lalu. Sar tersebut sudah dapat digunakan pada saat kegiatan penanaman.

Lebih lanjut, dijelaskan ASN laki-laki yang terlibat saat kegiatan penanaman diupayakan menggunakan pakaian khas berkebun dengan memakai Yatku (topi tani) sambil membawa parang dan Hudan (alat membuat lubang).

Sedangkan yang perempuan menggunakan kain kebaya untuk berkebun, penutup kepala dan membawa Seloy.

Kegiatan pencanangan merupakan upaya dalam rangka menghidupkan kembali nilai-nilai budaya Suku Kei sebagai modal social (social capital) dalam pembangunan.

Vee Vo Kes Yang (kebun perbekalan) yang digagas bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun tersebut, terletak di lokasi kantor bupati baru dengan luas lahan 11 hektare dan direncanakan akan ditanami jagung, petatas (ubi jalar) dan kasbi (singkong). (Abh/toeb)