Lindungi Keluarga Besar, TNI AU Lanud Samratulangi Laksanakan Tes Kesehatan

Lindungi Keluarga Besar, TNI AU Lanud Samratulangi Laksanakan Tes Kesehatan

Manado-Keluarga Besar TNI Angkatan Udara (KBAU) Lanud Sam Ratulangi Manado mengikuti pengecekan kesehatan atau Rapid Test di Mako ‘Tentara Langit’ Lanud Sam Ratulangi, Mapanget, SULUT, Senin (07/09/2020). Kegiatan ini diawali dengan pengarahan Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk serta doa secara bersama.

Kolonel Pnb Abram Tumanduk dalam sambutan lisannya, mengatakan bahwa kesempatan baik ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kita bersyukur masih diberikan kesehatan dibandingkan dengan saudara-saudara kita yang lainnya yang berada di Wisma Atlet. Namun kita tidak dapat menjamin bahwa kita akan sehat terus. Jangan sampai menunggu sakit untuk berobat. Harapan kita dapat mencegah. Jangan ada yang merasa takut, jangan ada yang menghindar, atau tidak melaksanakannya. Jangan sampai nila setitik merusak susu se-belanga. Kita tidak berharap akan terjadi demikian”, katanya dihadapan seluruh anggota.

“Namun jika terjadi hal yang tidak kita inginkan, maka tindakan harus kita laksanakan, cepat diobati, langsung karatina, isolasi. Jadi saya harapkan disiplin dari seluruh anggota Lanud sam Ratulangi untuk mengikuti Rapid Test ini, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab. Virus ini bukanlah aib, tetapi melalui pemeriksaan rapid test ini adalah bukti cinta kita kepada keluarga, orang-orang yang terdekat dengan kita dan yang paling kita sayangi. Sebab kita melindungi keluarga, melindungi orang lain!”, tandasnya. 

Diharapkan, dari kegiatan rapid test ini dapat menghambat dan membatasi penyebaran virus covid-19 serta meningkatkan empati dan tanggungjawab serta kepedulian bersama akan pentingnya memeriksakan diri untuk menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan. 

Demikian pula, Kepala Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi, Kapten Kes dokter Ahmad Fauzi, mengatakan kepada Pentak Lanud Sam Ratulangi bahwa kegiatan kesehatan ini merupakan wujud pertanggungjawaban kepada kedinasan serta sekaligus bentuk kepedulian keluarga besar Lanud Sam Ratulangi untuk meningkatkan kualitas kesehatannya. Sejumlah ratusan personel Lanud Sam Ratulangi beserta keluarganya akan diambil sampel darahnya hari ini.

“Seperti yang telah kita ketahui bersama, beberapa waktu yang lalu, Lanud Sam Ratulangi telah menerima bantuan alat rapid test dari Kementerian Pertahanan RI. Sehingga, Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi yang telah menerimanya diwajibkan untuk segera menyelenggarakan rapid test ini. “Kami diperintahkan oleh Kadiskesau, terkait telah menerima bantuan alat rapid test dari Kemhan. Kami pula di hubungi oleh Kolonel Kes dr. Harowi, Kasubdis Yankes Diskesau, untuk segera melaksanakan rapid test bagi personel dan keluarga. Dan setelah mendapatkan arahan dan petunjuk dari Komandan, kami laksanakan rapid test ini bagi seluruh anggota dan seluruh keluarga besar Lanud Sam Ratulangi, ” jelas dokter yang telah berdinas sejak Mei 2017 di Manado.

Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi, berlokasi di pertigaan jalan protokol ke arah Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado SULUT. Telah berdiri sejak tahun 1968 masih berupa Seksi Kesehatan, dan pada tahun 2004 menjadi Rumah Sakit Tingkat 4 TNI AU. Dan telah melayani kesehatan masyarakat Minahasa Utara dan seputaran Bandara Internasional Sam Ratulangi. Beragam pelayanan kesehatan telah dilakukan, seperti operasi-operasi ringan akibat kecelakaan lalu-lintas, bahkan pada tahun 2018 telah menjadi pusat rujukan penanganan kesehatan pada kegiatan Paskah Tahun 2018, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Propinsi.(***/Kapentak/Steven Pande-iroot)

Keterangan Gambar*: Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk, beserta Keluarga Besar TNI AU Lanud Sam Ratulangi; diambil contoh darahnya untuk di tes (Rapid Test), untuk memutus mata-rantai penyebaran Covid-19, di Mako ‘Tentara Langit” Lanud Sam Ratulangi, Manado, SULUT; Senin (07/09/2020).

Justisia

Justisia

Previous Article

Dukung MotoGP 2021, Kementerian PUPR Tata...

Next Article

Rekrut Anggota Baru, KPN Tuah Sepakat Sosialisasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 195

Postingan Tahun ini: 195

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 173

Postingan Tahun ini: 173

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 128

Postingan Tahun ini: 128

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 110

Postingan Tahun ini: 110

Registered: Jul 10, 2020

Profle

soniyoner

Empat Rumah Warga Kampung Lubuk Begalung kecamatan Lengayang Dipagar Kawat Berduri Oleh warganya sendiri.
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Follow Us

Recommended Posts

DPP LIPPI Apresiasi Langkah Polda Metro Jaya  Fasilitasi Para Pebalap Liar di Jakarta
Tetap Atur Lalu Lintas Meski Hujan, Satlantas Polres Situbondo Beri Rasa Aman Masyarakat Beraktifitas
Vaksinasi di SDN 16 Bucinri, Polres Pangkep Muh Yunus: Semangat Siswa Cukup Besar
Kodim 0826 Pamekasan Laksanakan Fogging Di Seluruh Kantor Dan Perumahan Anggota
Pj. Sekda Trenggalek Buka Operasional Es Stroge Pabrik  Es Tirto Rahayu Watulimo