Lindungi Keluarga Besar, TNI AU Lanud Samratulangi Laksanakan Tes Kesehatan

Lindungi Keluarga Besar, TNI AU Lanud Samratulangi Laksanakan Tes Kesehatan

Manado-Keluarga Besar TNI Angkatan Udara (KBAU) Lanud Sam Ratulangi Manado mengikuti pengecekan kesehatan atau Rapid Test di Mako ‘Tentara Langit’ Lanud Sam Ratulangi, Mapanget, SULUT, Senin (07/09/2020). Kegiatan ini diawali dengan pengarahan Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk serta doa secara bersama.

Kolonel Pnb Abram Tumanduk dalam sambutan lisannya, mengatakan bahwa kesempatan baik ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kita bersyukur masih diberikan kesehatan dibandingkan dengan saudara-saudara kita yang lainnya yang berada di Wisma Atlet. Namun kita tidak dapat menjamin bahwa kita akan sehat terus. Jangan sampai menunggu sakit untuk berobat. Harapan kita dapat mencegah. Jangan ada yang merasa takut, jangan ada yang menghindar, atau tidak melaksanakannya. Jangan sampai nila setitik merusak susu se-belanga. Kita tidak berharap akan terjadi demikian”, katanya dihadapan seluruh anggota.

“Namun jika terjadi hal yang tidak kita inginkan, maka tindakan harus kita laksanakan, cepat diobati, langsung karatina, isolasi. Jadi saya harapkan disiplin dari seluruh anggota Lanud sam Ratulangi untuk mengikuti Rapid Test ini, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab. Virus ini bukanlah aib, tetapi melalui pemeriksaan rapid test ini adalah bukti cinta kita kepada keluarga, orang-orang yang terdekat dengan kita dan yang paling kita sayangi. Sebab kita melindungi keluarga, melindungi orang lain!”, tandasnya. 

Diharapkan, dari kegiatan rapid test ini dapat menghambat dan membatasi penyebaran virus covid-19 serta meningkatkan empati dan tanggungjawab serta kepedulian bersama akan pentingnya memeriksakan diri untuk menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan. 

Demikian pula, Kepala Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi, Kapten Kes dokter Ahmad Fauzi, mengatakan kepada Pentak Lanud Sam Ratulangi bahwa kegiatan kesehatan ini merupakan wujud pertanggungjawaban kepada kedinasan serta sekaligus bentuk kepedulian keluarga besar Lanud Sam Ratulangi untuk meningkatkan kualitas kesehatannya. Sejumlah ratusan personel Lanud Sam Ratulangi beserta keluarganya akan diambil sampel darahnya hari ini.

“Seperti yang telah kita ketahui bersama, beberapa waktu yang lalu, Lanud Sam Ratulangi telah menerima bantuan alat rapid test dari Kementerian Pertahanan RI. Sehingga, Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi yang telah menerimanya diwajibkan untuk segera menyelenggarakan rapid test ini. “Kami diperintahkan oleh Kadiskesau, terkait telah menerima bantuan alat rapid test dari Kemhan. Kami pula di hubungi oleh Kolonel Kes dr. Harowi, Kasubdis Yankes Diskesau, untuk segera melaksanakan rapid test bagi personel dan keluarga. Dan setelah mendapatkan arahan dan petunjuk dari Komandan, kami laksanakan rapid test ini bagi seluruh anggota dan seluruh keluarga besar Lanud Sam Ratulangi, ” jelas dokter yang telah berdinas sejak Mei 2017 di Manado.

Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi, berlokasi di pertigaan jalan protokol ke arah Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado SULUT. Telah berdiri sejak tahun 1968 masih berupa Seksi Kesehatan, dan pada tahun 2004 menjadi Rumah Sakit Tingkat 4 TNI AU. Dan telah melayani kesehatan masyarakat Minahasa Utara dan seputaran Bandara Internasional Sam Ratulangi. Beragam pelayanan kesehatan telah dilakukan, seperti operasi-operasi ringan akibat kecelakaan lalu-lintas, bahkan pada tahun 2018 telah menjadi pusat rujukan penanganan kesehatan pada kegiatan Paskah Tahun 2018, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Propinsi.(***/Kapentak/Steven Pande-iroot)

Keterangan Gambar*: Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk, beserta Keluarga Besar TNI AU Lanud Sam Ratulangi; diambil contoh darahnya untuk di tes (Rapid Test), untuk memutus mata-rantai penyebaran Covid-19, di Mako ‘Tentara Langit” Lanud Sam Ratulangi, Manado, SULUT; Senin (07/09/2020).

Manado Sulawesi Utara
INDONESISATU.CO.ID

INDONESISATU.CO.ID

Previous Article

Dukung MotoGP 2021, Kementerian PUPR Tata...

Next Article

Tingkatkan Kewirausahaan, FEB Usakti Jakarta...

Related Posts

Peringkat

Profle

Satria Ferry Sonarya verified

Nanang Suryana

Nanang Suryana

Postingan Bulan ini: 207

Postingan Tahun ini: 488

Registered: Sep 22, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 201

Postingan Tahun ini: 443

Registered: Sep 22, 2020

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Postingan Bulan ini: 129

Postingan Tahun ini: 252

Registered: Jan 6, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 105

Postingan Tahun ini: 203

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Indra Gunawan

Seorang Warga Pesisir Bukit Ditemukan Tewas Gantung Diri
Terkait Perkelahian Pelajar Berakhir Maut, Edi Mulyono: Bahasa dalam Pemberitaan itu Terlalu Berlebihan
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kotim, Sugianto Sabran: Jangan Ada Lagi Ormas Dayak Demo Pakai Mandau
Gantung Diri Bersama, Pasangan Kekasih di Toraja Utara ini Tinggalkan Sebuah Surat
banner

Follow Us

Recommended Posts

Kasus Asusila Terjadi Lagi di Asakota Bima, Paman Cabuli Keponakan
Pasukan TMMD Sosialisasikan Program Jambanisasi Kepada Masyarakat
Bersama Masyarakat Pasukan TMMD Lakukan Pengerjaan Dinding Depan Rumah Wakik
Operasi Jaran Rinjani 2021 Akan Dilaksanakan, Polres Sumbawa Gelar Latihan Pra Operasi
Pasukan TMMD Silaturahmi ke Tokoh Masyarakat, Sosialisasikan Rencana Pembangunan MCK