Kadis Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia: 8.010 Orang Dites PCR Hari Ini, 1.079 Kasus Positif dan dan 6.931 Negatif Covid-19

Kadis Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia: 8.010 Orang Dites PCR Hari Ini,  1.079 Kasus Positif dan dan 6.931 Negatif Covid-19
Kadis Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta terus memassifkan tes PCR untuk menemukan kasus baru secara cepat, agar dapat segera melakukan tindakan isolasi / perawatan secara tepat, sehingga, memperkecil potensi penularan COVID-19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dilakukan tes PCR sebanyak 10.116 spesimen. Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 8.010 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 1.079 positif dan 6.931 negatif.

"Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 77.252. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 56.357, " terang Dwi, seperti dikutip dalam rilis PPID DKI Jakarta, Minggu (20/9/2020).

Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 12.116 (orang yang masih dirawat/ isolasi). Sedangkan, jumlah kasus Konfirmasi secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 62.886 kasus. Dari jumlah total kasus tersebut, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 49.209 dengan tingkat kesembuhan 78, 3%, dan total 1.561 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 2, 5%, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 3, 9%.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 13, 2%, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 7, 6%. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5%.

Disebutkan, pada penerapan kembali PSBB seperti awal pandemi, Pemprov DKI Jakarta menyarankan, bagi masyarakat yang ingin memasuki wilayah Jakarta untuk melakukan pemeriksaan mandiri COVID-19 melalui JakCLM di aplikasi JAKI. Melalui JakCLM, masyarakat dapat mengetahui risiko COVID-19, serta mendapatkan berbagai rekomendasi kesehatan sesuai dengan risiko yang dimiliki. Kontribusi masyarakat dalam pengisian JakCLM dapat membantu Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan pencegahaan penyebaran kasus COVID-19 di Jakarta.

Melalui Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, penindakan atas pelanggaran penggunaan masker juga akan digencarkan, begitu pula dengan bentuk pelanggaran-pelanggaran PSBB lainnya. Sehingga, harapannya, masyarakat dapat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dan turut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penularan COVID-19.

Perlu diingat selalu untuk memperhatikan dan menjalankan prinsip-prinsip ini dalam berkegiatan sehari-hari: 1) Tetap tinggal di rumah dan tidak keluar bila tidak ada keperluan mendesak. 2)  Selalu jalankan 3M: Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak aman 1, 5 - 2 meter, dan Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin. 3) Seluruh kegiatan yang diizinkan beroperasi harus dalam kapasitas maksimal 50% dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. 4)  Ingatkan sesama untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Pemprov DKI Jakarta juga masih membuka kesempatan untuk masyarakat berbagi dengan sesama yang membutuhkan bantuan karena terdampak pandemi COVID-19 dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB. Masyarakat dapat memberikan bantuan berupa bahan pangan pokok, makanan siap saji, hingga uang tunai. Informasi lengkap seputar KSBB dapat melalui situs https://corona.jakarta.go.id/kolaborasi. (***)

JAKARTA COVID-19
UPDATES

UPDATES

Previous Article

Kampanye Pilkada Mulai 26 September hingga...

Next Article

Rekrut Anggota Baru, KPN Tuah Sepakat Sosialisasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 205

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 183

Postingan Tahun ini: 183

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 135

Postingan Tahun ini: 135

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 120

Postingan Tahun ini: 120

Registered: Jul 10, 2020

Profle

soniyoner

Empat Rumah Warga Kampung Lubuk Begalung kecamatan Lengayang Dipagar Kawat Berduri Oleh warganya sendiri.
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya

Follow Us

Recommended Posts

KPID Kalteng, Himbau Dan Mengutuk Keras Pernyataan Edy Mulyadi
TBM di Afdeling 5 PTPN IV Kebun GUB Terlantar, Aktivis Sosial Kontrol: Integritas dan Akhlak Pemangku Jabatan Diragukan
Keresahan Warga Desa  Cilapar Kehilangan Ternak Terjawab
Dampingi Bupati Cek Pasar Tanjung, Dandim 0824/Jember Dukung Rencana Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Pasar
Evaluasi Capaian Kinerja, KSP Bobato dan KUD Bobato Lakukan Rapat Anggota Tahunan