Jaga Stabilitas NKRI, Arteria Dahlan Sosialisasikan 4 Pilar Bersama Umat Hindu di Blitar

Jaga Stabilitas NKRI, Arteria Dahlan Sosialisasikan 4 Pilar Bersama Umat Hindu di Blitar

BLITAR - Umat Hindu di Blitar Raya yang tergabung dalam Parisada Hindu Dharama Indonesia (PHDI), mengikuti kegiatan sosialisasi empat pilar. Acara ini di hadiri oleh Anggota DPR-RI Arteria Dahlan, Kapolres Blitar AKBP Ahmad Eko Fanani, dan Kebaspol Kabupaten Blitar, yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Kamis (29/10/20).

Dalam keteranganya, Arteria Dahlan mengatakan, sebagaimana di amanatkan dalam Undang-Undang No.17 tahun 2014 yang sudah diubah menjadi Undang Undang No.13 tahun 2019 tetang MPR, DPR DPD, dan DPRD. Dimana lembaga tersebut diberi mandat memasyarakatkan Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, harus sehati dan menyatu dalam setiap nafas di semua kalangan dalam berbangsa dan bernegara, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut, kata Ari panggilan akrapnya, kegiatan tersebut adalah kesempatan untuk membangkitkan semangat wawasan kebangsaan, sesuai dengan deklarasi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta. Momentum yang bercita-cita luhur akan kecintaan berbangsa dan berbahasa satu bahasa Indonesia, semangat ini harus tetap digelorakan dari generasi ke generasi sesuai perkembangan peradaban zaman.

“Dalam situasi Negara menghadapi masalah Covid 19, kita benar benar terpuruk maka dari itu kekompakan melawan wabah, dengan patuh terhadap Protokol kesehatan, menjadi hal yang penting, serta menjaga persatuan dan kesatuan dalam masa Pemilukada. Dinamika politik lebih penting, oleh sebab itu hendaknya berbeda pilihan tidak menjadi sarana pemecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, karena hanya berbeda pilihan berdemokrasi perseteruan, ” ujar Ari.

Pihaknya juga menyampaikan, dalam suhu politik di Kabupaten dan Kota Blitar, saat ini sudah memanas karena memasuki tahapan kampanye, berkompetisi dalam pesta demokrasi adalah hal yang penting, dengan ke Bhineka Tunggal Ika-an ini. Meski banyak perbedaan, pihaknya tetap berharap untuk bisa menjaga keutuhan bermasyarakat.

"Gelaran pesta rakyat ini mempunyai tujuan yang sama yaitu mencari sosok pemimpin yang benar benar berkualitas. Karena hanya dengan bersaing yang ketat maka pesta demokrasi akan melahirkan figur pemimpin yang benar-benar dipilih dan dicintai rakyatnya, " katanya.

Anggota Komisi III DPR RI ini mengaprisiasi kekompakan masyarakat Indonesia Umumnya dan Blitar khususnya, meskipun berbeda suku, bangsa dan agama dengan nafas Bhineka Tunggal Ika. Diera globalisasi masih menunjukan peradaban yang menjunjung tinggi semangat gotong royong untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan.

Sementara itu, Kapolres Blitar AKBP Ahmad Eko Fanani Prasetya yang turut hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan, dalam sendi sendi kehidupan dengan bernafaskan empat pilar. Negara ini akan tetap tegar dan berdiri sebagai Negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan UUD 45, Pancasila sebagai dasar dan idiologi serta pandangan hidup Bangsa ini.

"Kerukunan antar umat beragama yang saling asah asih dan asuh merupakan sarana dan modal dasar yang kuat, tidak ada istilah kelompok minoritas, semua adalah sama bertujuan dan bertekat bahwa NKRI harga mati, " paparnya.

Keragaman berbangsa berbudaya dan beragama tidak menjadikan kita perpecahan, saling fitnah, menyalahkan satu sama lain. Agar kita dapat mengatasi semua masalah yang sedang kita hadapi seperti sekarang ini.

"Misalkan wabah corona, kita harus menyadari, memahami siapa dan apa tugas kewajiban serta tanggungjawab kita. Sehingga kita akan lebih bijak dalam melangkah serta arif dalam menentukan sikap, " tandas Kapolres.(***/tn) 

Blitar
Sumartono

Sumartono

Previous Article

Sekda Bagikan Bingkisan Idul Fitri untuk...

Next Article

Rekrut Anggota Baru, KPN Tuah Sepakat Sosialisasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 205

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 183

Postingan Tahun ini: 183

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 135

Postingan Tahun ini: 135

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 120

Postingan Tahun ini: 120

Registered: Jul 10, 2020

Profle

Afrizal verified

Ini Nama - Nama Pejabat Eselon III dan IV yang Dilantik Walikota Sungai Penuh
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya

Follow Us

Recommended Posts

Hirup Gas Beracun, Lima Nyawa Melayang di Lambung Kapal
Polsek Tanjung Morawa Pastikan Giat Khataman dan Wisuda Berjalan Aman
Biro Hukum Redaksi Media Online Ambil Jalur Hukum Akan Intimidasi Mantan Kades Pasanggrahan-Solear
Peringati HUT PDI Perjuangan ke-49, DPC PDI Perjuangan Banyuwangi Lakukan Penanaman 1000 Pohon Secara Serentak
KPID Kalteng, Himbau Dan Mengutuk Keras Pernyataan Edy Mulyadi