Di Tengah Pandemi Covid-19 Akunitas "Sukses" Gelar Pameran Produk UKM

Di Tengah Pandemi Covid-19  Akunitas "Sukses" Gelar Pameran Produk UKM
Direktur Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian PPN-Bappenas Leonardo Teguh Sambodo (Tengah) usai berbelanja di Stand Akunitas, Jumat (17/07/2020) Petang.

LABUAN BAJO- Asosiasi Kelompok Usaha Unitas atau Akunitas Manggaarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT) sukses menggelar pameran produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di lobi Hotel Inaya Bay Kompleks Marina Komodo Labuan Bajo. Pameran produk UKM yang pertama kali di gelar tersebut bertepatan dengan kunjungan kerja Menteri PPN/Ketua Bappenas Suharso Monoarfa di Bumi Komodo pada Kamis (16/07/2020) hingga Minggu (19/07/2020).

Kegiatan pameran yang pertama kali digelar paska era New Normal dan terbuka untuk umum itu, merupakan hasil kerjasama Asosiasi Kelompok Usaha Unitas dengan Management Hotel Inaya Bay Marina Komodo Labuan Bajo.

Selain itu atas dukungan Bank NTT dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manggarai Barat kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

"Ini merupakan kegiatan yang resmi dan pertama kali digelar paska terbentuknya kepengurusan Akunitas. Acara yang telah sukses digelar ini tentu tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak terutama Bank NTT, Pelaku Usaha, Management Hotel Inaya dan Pemerintah Daerah setempat", ungkap Ketua Akunitas Candi Mayangsari Latubatara kepada  indonesiasatu.co.id, Minggu,(19/07/2020) Petang.

Demikian Candi Mayangsari, dukungan dari Pemda Mabar, BUMN dan hotel-hotel besar, dengan menyediakan tempat bagi Akunitas dalam mempromosikan produk UKM lokal merupakan salah satu strategi yang berdaya guna untuk mengangkat kembali kondisi ekonomi pelaku usaha kecil menengah yang lesuh akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan di wilayah itu.

"Salah satu strateginya ya harus kita lakukan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk mengadakan bazar atau pameran offline di pelataran atau lobi hotel, seperti yang disaksikan hari ini di Hotel Inaya Bay Marina Komodo", terang Candi 

Adapun sejumlah produk yang terjual pada pameran offline yang di gelar Akunitas antara lain berupa Kriya, fashion dan kuliner. Antusiasme pembeli, mulai dari sejumlah pejabat Kementerian dan pengunjung serta tamu hotel pun terlihat. Hingga hari terakhir kegiatan pameran produk UKM yang digelar Akunitas berhasil mengumpulkan uang sebesar 27.200.000 rupiah.

Karena itu, Ketua Akunitas Mabar juga mengucapkan terimakasih kepada Management Hotel Inaya Bay Marina Komodo, Bank NTT, BOP-LBF, para pelaku usaha yang sudah terlibat serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manggarai Barat. 

"Kedepannya, Akunitas akan terus mencari peluang pasar bagi UKM dan dalam waktu dekat kita akan melaksanakan festival kuliner dengan tema Memupuk Asa melalui Cita rasa Nusantara di bumi Mabar", ujarnya.

Tujuannya lanjut dia, adalah mendatangkan pengunjung dan menghidupkan kembali pasar kuliner yang tertidur selama pandemi ini, yakni dengan menggelar berbagai kegiatan seperti pameran dan bazar, yang akan dimeriahkan bersamaan dengan hari ulang tahun UKM tahun ini. (Lom)*