BPPT Innovator Awards 2020: Kebangkitan Inovasi Teknologi Anak Negeri

BPPT Innovator Awards 2020: Kebangkitan Inovasi Teknologi Anak Negeri

JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar acara malam penganugerahan BPPT Innovator Awards (BIA) 2020. Kegiatan ini merupakan ajang bagi insan-insan yang berprestasi melalui upaya inovasi dalam Karya Nyata Teknologi.

Di 2020 ini, BPPT Innovator Awards mengusung tema “Kebangkitan Inovasi Teknologi Anak Negeri Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi Covid-19”, dan akan menyuguhkan innovator yang terbaik.

Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan, pemberian penghargaan ini ditujukan untuk menjadi pendorong,   dan motivasi bagi para pihak yang  memberikan inovasi dan penerapan teknologi agar dapat lebih meningkatkan karyanya, dan menjadi contoh bagi setiap insan teknologi. 

“Para juri telah bekerja keras melakukan seleksi terhadap187 usulan, dan  107 telah berhasil masuk dalam nominator, kategori perorangan, tim internal,   maupun kategori eksternal, “ kata Hammam Riza dalam acara BPPT Innovator Awards 2020 di Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Hammam Riza menyebutkan, sesuai dengan perannya sebagai lembaga kajiterap teknologi untuk menghasilkan inovasi, dan bertanggung jawab terhadap pendayagunaan dan keberhasilan penerapannya, maka BPPT telah berperan dalam melaksanakan  dan mendukung program riset  dan inovasi  prioritas nasional, yaitu dengan melaksanakan Indonesia Tsunami Early Warning System, sebagai system peringatan dini untuk tsunami, dan untuk mitigasi bencana di tanah air.

Kemudian, pesawat udara melalui Elang Hitam,   yang dibuat untuk  menjaga kedaulatan di daerah perbatasan. BPPT bersama PT Garam  juga telah membangun pilot project garam industri terintegrasi,   melakukan pengembangan pembangkit listrik tenaga sampah merah putih, dan lain sebagainya.

Dalam penanggulangan penyebaran pandemic Covid-19, BPPT berkonstribusi menghasilkan inovasi teknologi dalam melaksanakan 3T plus D, Testing, tracing, tracking, dan   detection, serta treatment, untuk memutus penyebaran Covid-19.

Selain itu, BPPT juga  bersinergi  membangun ekosistem multihelix dalam sebuah Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19) yang beranggotakan litbang pemerinah,   perguruan tinggi, star-up,   komunitas, serta berbagai rumah sakit yang terkait guna mendukung penanganan Covid-19.

BPPT bersama kelompok kerja kecerdasan artifisial juga telah berhasil menyusun strategi nasional kecerdasan  artifisial sebagai acuan  dari seluruh pemangku kepentingan dalam  melaksanakan litbangjirap kecerdasan artifisial di Indonesia. 

Strategi nasional kecerdasan artifisial 2020-2045, telah diluncurkan Menristek/Kepala BRIN bersama-sama dengan  Wapres  pada puncak Hakteknas pada bulan Agustus yang lalu.

“BPPT terus berkomitmen meningkatkan pengembangan kecerdasan artifisial  dalam berbagai sektor  diantaranya system peringatan dini tsunami, kebakaran hutan dan lahan, system pemerintahan berbasis elektronik,    serta kecerdasan artifisial  untuk deteksi Covid-19, ” paparnya. 

Ia menambahkan, beradaptasi dengan perkembangan teknologi pada era industri 4.0, BPPT juga  telah melakukan  transformasi digital, dukungan manajemen yang terasa manfaatnya,   terutama pada masa pandemi Covid-19, seperti biometric, fabiola, dan layanan teknologi lainnya.

“BPPT terus produktif,   untuk menghasilkan 15 aplikasi,   untuk menajemen operasi Laboratorium, digital learning system,   serta smart parking. Terima kasih kepada para innovator,   peserta BPPT Innovator Awards  2020 dari seluruh Indonesia yang telah mengusulkan karya-karyanya, dan telah memberikan inspirasi  pada kita seluruh masyarakat,   tentang budaya kreatif,   untuk melahirkan inovasi yang bermanfaat  dan  berguna bagi bangsa Indonesia, ” ungkapnya. (***)

BPPT
Update

Update

Previous Article

Sekda Bagikan Bingkisan Idul Fitri untuk...

Next Article

Rekrut Anggota Baru, KPN Tuah Sepakat Sosialisasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Andy

Andy

Postingan Bulan ini: 237

Postingan Tahun ini: 306

Registered: Nov 20, 2020

Update

Update verified

Postingan Bulan ini: 210

Postingan Tahun ini: 2548

Registered: Jul 9, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 194

Postingan Tahun ini: 1477

Registered: Sep 25, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 182

Postingan Tahun ini: 1016

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Joni Hermanto

Kabupaten Tana Toraja Masuk Daftar PPKM Level 4, Kapolres: Penyekatan di Perbatasan Mulai  Hari Senin
Besok Sidang MK  Dan Jika Terjadi Kembali Pelanggaran PSU Jilid II, Apakah PSU Kembali Atau Salah Satu Paslon Di Diskualifikasi Oleh MK ?
Warga Nagori Mancuk Ditemukan Tewas di Areal PTPN IV Kebun Dosin, Dugaan Akibat Gigitan Ular Berbisa
Bravo...Polres Labuhanbatu Grebek Judi 12 Mesin Jackpot Di Sekitar Lingkungan Rumah Cawabup Labuhanbatu

Follow Us

Recommended Posts

PPKM Level 4 Di Pekanbaru Dirasa Menyengsarakan Rakyat Miskin
TP PKK Kabupaten Asahan Raih Juara I Vlog CEPAK Kategori TP PKK Tingkat Nasional
Puskesmas Dolat Rakyat di Karo Tak Berfungsi, Kapus Cuek Bebek
Ristani Samosir: Semoga Kapoldasu Dapat Menangkap Pelaku dan Dalang Penyiram Air Keras Terhadap Anaknya
TP PKK Luwu Timur Ikuti Sosisalisasi CEPAK Menuju KISAH Secara Virtual