Warga Nahdliyin Nganjuk Kumpulan Dana Ratusan Juta untuk Gempa Lombok

INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Kepedulian warga Nahdliyin di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur untuk korban gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat luar biasa. Setidaknya ini tergambar dalam jumlah bantuan uang tunai yang mencapai Rp. 214 juta.

Bantuan tersebut dikumpulkan di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedakah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Nganjuk. Lembaga yang mengumpulkan bantuan ini berasal dari Majelis Wakil Cabang (MWC) yang ada di Nganjuk, pemgurus NU ditingkat ranting dan lembaga dan lain sebagainya.

“Dana untuk Lombok terkumpul Rp. 214 juta, dana ini utamanya berasal dari jalur struktural NU Nganjuk. Seperti MWC, LP Ma’arif, IPNU-IPPNU, LAZISNU tingkat kecamatan, dan kaum dermawan,” jelas Direktur LAZISNU Nganjuk, Subhan Aburizal, Selasa (11/9).

Dana tersebut langsung diserahkan ke korban gempa di NTB dengan cara diantar langsung ke lokasi bencana alam. Selain bantuan tunai, LAZISNU Nganjuk juga memberikan bantuan dalam bentuk pengobatan di pengungsian dan kegiatan Trauma Healling.

“Kita sudah berangkat ke Lombok mengantar bantuan dari masyarakat. Semoga LAZISNU terus dipercaya masyarakat luas,” tambahnya.

Sementara itu, Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk KH Ali Musthofa Said mengapresiasi jumlah sumbangan masyarakat nahdliyin untuk korban gempa Lombok. Hal ini menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat dan roda kepengurusan NU hidup.

“Jumlah dana terkumpul ini menunjukkan kekompakan dan kekuatan yang luar biasa kaum nahdliyin Nganjuk. Ini merupakan amanah umat yang harus disampaikan,” katanya.

PCNU Nganjuk membentuk tim khusus untuk menyalurkan dana gempa Lombok. Tim tersebut akan dikirim secara bertahap ke lokasi bencana alam. Bantuan tahap pertama sudah disalurkan pada 11 Agustus 2018 lalu berupa  medis, obat-obat an dan dana.

“Saat ini masih ada relawan yang kita kirim kesana. Beberapa hari nanti kita akan kembali mengirim bantuan ke Lombok. Bantuan ini akan terus kita salurkan hingga tiga bulan kedepan,” tandasnya.

Beberapa donatur yang menyumbang untuk gempa Lombok dari unsur Majelis Wakil Cabang (MWC) yaitu MWC Baron Rp. 8,6 juta, Rejoso Rp. 26,9 juta, Kertosono Rp. 10,5 juta, Loceret Rp. 8,2 juta, Ngronggot Rp. 10,1 juta dan Gondang Rp. 8,4 juta, 

Selain itu ada juga MWC Patianrowo dengan total dana Rp. 2 juta, Prambon Rp. 56 juta, Tanjunganom Rp. 19 juta, Ngluyu Rp. 3,5 juta, Nganjuk Kota Rp. 3 juta, Sawahan Rp. 3,1 juta, Wilangan Rp. 940, Bagor Rp. 4,7 juta, Berbek Rp. 2 juta, Sukomoro Rp. 4,7 juta, Pace Rp. 3,1 juta dan Jatikalen Rp. 1 juta. 

Reporter : sakera

Redakur : Syarif Abdurrahman

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita