Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Kerjasama Pemko Solok dan Toyohashi Berlanjut

indonesiasatu, 19 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

SOLOK KOTA - Kerjasama Pemerintah Kota Solok Sumatera Barat dengan Kota Toyohashi Jepang berlanjut. Perlahan namun pasti, persoalan air bersih yang selama ini mengusik masyarakat Kota Solok menemukan titik terang, berkat kerjasama di bidang pemurnian air bersih, antara dua Kota dari dua Negara di Benua Asia ini.

Kedatangan Rombongan Wali Kota Toyohashi yang sudah kali ketiganya di masa duet kepemimpinan Wali Kota Solok Zul Elfian dan Wakil Wali Kota Reinier ini disambut dengan Tari Pasambahan dari Sanggar Lubuak Nan Tigo, di Halaman Kantor Balaikota Solok, senin (19/8).

Bersama Wakil Ketua sementara DPRD Kota Solok Efriyon Coneng, anggota DPRD Kota Solok Nasril In Dt.Malintang Sutan, Forkopimda, Ketua LKAAM H. Rusli dan Bundo Kanduang Sitta Novembra serta Kepala OPD, Wali Kota Solok Zul Elfian menyambut kedatangan Wali Kota Toyohashi Mr. Koichi Sahara dan rombongan untuk kemudian menjamu dan berdiskusi di Ruang Kerja Wali Kota Solok.

Kepada  Wali Kota Toyohashi Jepang Mr. Koichi Sahara, Wali Kota Solok Zul Elfian mengatakan dalam 5 bulan terakhir ini, Pemerintah Kota Solok sudah tidak lagi menerima keluhan air bersih. Hasil yang memuaskan ini, menjawab serta menjadi solusi terhadap krisis air bersih yang menjadi masalah ditengah masyarakat.

Zul Elfian juga menyampaikan bahwa Pemko Solok tertarik untuk melakukan kerjasama lanjutan dengan Toyohashi di bidang lainya, terutama di bidang teknologi, seperti peningkatan kualitas SDM sektor pertanian, penanganan usaha-usaha pertanian dengan lahan terbatas serta hasil yang optimal dalam pengelolaan limbah dan lainnya.

 “Kerjasama yang dijalin dalam pengolahan air bersih layak minum, dimana Toyohashi telah memberikan Kota Solok ilmu yang sangat bermanfaat tentang pengolahan air bersih. Kita membutuhkan kerjasama ini, demi memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kota Solok, selain itu peluang menjalin kerjasama yang lainya juga terbuka lebar”, tambah Zul Elfian.

Dalam kesempatan itu, Direktur PDAM Rabby Luski mengungkapkan bahwa untuk pengolahan air sendiri, Kota Solok telah berhasil menciptakan air siap minum, tapi masih terkendala dalam instalasi jaringan, sehingga masyarakat masih belum bisa menikmatinya. 

“Kami berharap kerjasama ini dapat membantu masalah yang kami hadapi”, imbuhnya.

Sementara, Wali Kota Toyohashi Mr.Koichi Sahara mengatakan prestasi yang sudah diraih Kota Solok ini harus dipertahankan. Wali Kota Toyohashi juga mengapresiasi Pemko Solok yang telah mampu mewujudkan air layak minum. Ia berharap semoga Kota Solok dapat mempertahankan kualitas air seperti ini, hingga daerah lain dapat meniru program yang bagus ini.

Namun, ditambahkannya, untuk mencapai tujuan tersebut, masih ada persoalan yang harus dibenahi di Kota Solok.

”Kami dan para tim ahli akan selalu berusaha lakukan yang terbaik, namun kami juga butuh dukungan masyarakat untuk selalu mensuport program pemerintah ini”, tuturnya.

Usai melakukan pertemuan tersebut, Wali Kota Toyohashi Koichi Sahara melihat serta meninjau langsung implementasi dan keberhasilan perkembangan teknologi permurnian air bersih di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berada di Kelurahan KTK.

Secara terpisah, Wakil Ketua sementara DPRD Kota Solok Efriyon Coneng berharap kerjasama yang telah terjalin terus berlanjut hingga seluruh masyarakat Kota Solok bisa benar – benar merasakan hasil dan manfaat.

“Air merupakan kebutuhan dasar dalam keberlangsungan hidup manusia. Semoga dengan keberlanjutan kerjasama ini, kebutuhan masyarakat Kota Solok akan air bersih benar – benar terpenuhi”, ujarnya.

Harapan yang sama juga disampaikan politisi partai berlambang matahari itu,  agar Kota Solok dan Toyohashi terus menjadi mitra dalam berbagai bidng terutama teknologi,pertanian dan pendidikan, juga bidang kesehatan.

“Semoga Kota Toyohashi menjadi mitra strategis kita dalam hal lain, terutama teknologi, apalagi Jepang terkenal dengan kemajuan dan kecanggihan teknologinya”, ungkap Efriyon Coneng yang akrab disapa Coneng itu.

Ditambahkan EC, DPRD siap mensupport Pemerintah Daerah Kota Solok untuk melakukan inovasi – inovasi yang hakekatnya bertujuan untuk kemajuan serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Beras Serambi Madinah ini. (Amel)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu