Universitas Mercu Buana (UMB) Patenkan Pengganjal Roda dan Kopling Otomatis

WARTAKAMPUS.COM: JAKARTA - BANGSA Indonesia sebenarnya tidak pernah kekurangan dalam berinovasi produk kreatif. Itu terlihat dalam ajang ”The 4th International Young Inventor Award (IYIA)” di Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta. Hasil karya pelajar dan mahasiswa Indonesia tak kalah dengan inovasi pelajar dan mahasiswa luar negeri.

Seperti dua produk dari tuan rumah, yaitu mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Industri UMB memarkan dua karya inovasi produknya, yaitu, Auto Wheel Lock Unit atau pengganjal roda otomatis dan Automatic Clutch Unit atau kopling otomatis. ”Keduanya ini baik Auto Wheel Lock dan Automatic Clutch sudah kami patenkan di Dirjen Haki Kemenkumham,” ungkap Hadi Pranoto ST, MT, selako dosen pembimbing kedua proyek inovasi tersebut.

Kedua proyek inovasi tersebut seluruhnya dikerjakan oleh mahasiswa Jurusan Tenkik Mesin UMB semester 8. Untuk Proyek Auto Wheel Lock Unit dikerjakan oleh Akhmad Zulfan  dan Ofik Afrizal. Sedangkan tim Automatic Clutch Unit adalah Akbar Maulana, Nurhadi Saputra, Febri Royani, dan Rachmad Indra Bayu.

Hadi menjelaskan mekanisme masing-masing unit tersebut. Proyek pengganjal otomatis diciptakan untuk roda truk dan bus. Yaitu melihat fakta betapa repotnya seorang kenek bus atau truk ketika kendaraan berada di jalan yang menanjak. ”Beberapa jalan menanjak daerah pegunungan seperti Puncak Nagrek tanjakannya ekstrim. Truk dan bus bisa mundur. Biasanya kenek turun lari sambil membawa ganjal roda. Ini kan berbahaya atau tidak safety,” ungkapnya.

Dengan alat ini gerakan mundur roda ditangkap oleh sensor. Seketika itu juga penggganjal akan turun menahan roda sehingga kendaraan tidak mundur. ”Alat ini tidak bekerja pada saat kendaraan sengaja dimundurkan dengan gigi mundur. Tetapi kalau mundur sendiri secara otomatis langsung bekerja,” ucapnya.

Alat ini juga bisa disetel manual jika sopir menginginkannya. Sementara gagasan untuk proyek kopling otomatis atau automatic cultch unit terciptka karena melihat kondisi kemacetan di Jakarta. Macet menyebabkan kelelahan dan stres. ”Dengan begitu kita berfikir bagaimana caranya kita bikin kopling otomatis. Alat ini dipakai untuk tambahan atau memodifikasi mobil kopling manual menjadi otomatis,” urainya.

Cara kerja alat yaitu dengan mengaktifkan tombol yang dipasang di tuas perseneling.  Dengan memencet tomobok kopling manual sudah bisa bekerja otomatis layaknya mobil matic. Yaitu unit tambahan ini membebaskan kopling ketika mobil berhenti. Begitu pula ketika akan kembali jalan, pengemudi tidak perlu menggunakan kopling kaki tapi tinggal menginjak gas saja.

”Pada saat mobil jalan benar-benar tidak perlu mengijak kopling,” beber Hadi. Menariknya, menurut Hadi, tidak membutuh waktu lama untuk memasang kedua unit tersebut. Menurut Hadi, kedua proyek tersebut dikerjakan secara mandiri alias tanpa sponsor pihak manapun.”Semuanya mandiri, luar biasa mahasiwa ini, pemerintah tidak hadir di sini,” pungkasnya.

Proses gagasan hingga menjadi produk auto wheel lock dikerjakan sekitar 4 bulan. ”Yang lama adalah proes penyesuaian untuk memasang unit ke kendaraaan,” ungkapnya.   

Dengat ikut ekebisi tingkat internasinal pihaknya berharap ada industri otomatif yang tertarik dengan penemuan tersebut. ”Kami berharap inovasi kami akan menarik perusahaan dan produk kami bisa menjadi bagian improvement produk mereka,” ujarnya.

Dengan hak paten yang sudah terdaftar, maka jika ada perusahaan yang menggunakannya maka mahasiswa mendapatkan uang. ” Kami berharap proyek ini akan memicu mahasiswa lain untuk berinovasi supaya punya ide-ide yang menarik. Mahasiswa punya ide apa, kita kerjakan bersama bagaimana untuk mewujudkan ide tersebut menjadi satu produk yang bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya. (dni)

Spesifikasi Auto Wheel Lock Unit

Mengganjal secara otomatis roda kendaraan yang mundur di jalan tanjakan

Bisa disetel manual

Dipasang pada kendaraan jenis truk dan bus

Mekanisme kerja perpaduan antara sensor gerak dan pneumatic

Harga unit berkisar Rp 3-4 juta

Spesifikasi Automatic Clutch Unit

Otomatisasi kopling pada mobil gigi manual

Secara otomatis membaskan kopling jika kendaraan berhenti dan sebaliknya

Bisa dinonaktifkan atau kembali ke kopling manual

Dipasang ke segala jenis kendaraan roda empat dengan gigi manual

Mekenanisme kerja perpaduan software pengontrol RPM, dan unit hidrolik

Harga unit berkisar Rp 3-4 juta

Sumber: Indopos.co.id