Sutradara Pendidikan Diluncurkan Pada Seminar Pendidikan Karakter

diankusumadewi, 20 Mar 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

SURABAYA.WARTASEKOLAH – Sesungguhnya apabila pendidikan di Indonesia benar-benar dilaksanakan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud, maka secara tidak langsung pendidikan karakter akan masuk di dalamnya. Demikian disampaikan oleh Martadi, Dosen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya.
“Pendidikan karakter yang saat ini sedang digembar-gemborkan sesungguhnya sudah masuk dalam implementasi pendidikan di Indonesia, bila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Sayangnya, pendidikan yang dilaksanakan terutama di sekolah lebih banyak hanya menggugurkan kewajiban mengajar guru saja, sehingga makna pendidikan karakternya tidak tercapai,” terang Martadi yang menjadi narasumber Seminar Nasional Penguatan Pendidikan Karakter dan Ekspresi Kebudayaan Dalam Kearifan Lokal yang diselenggarakan di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur hari ini (20/3).
Hadir pula sebagai pembicara seminar Samsoedin selaku Guru SMP Negeri I Kabupaten Nganjuk dan Edy Susanto selaku Guru SD Muhammadiyah 4 Kota Surabaya.
Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan digelarnya Jambore Pandu Sekolah Model Tahun 2019 dan peluncuran buku yang ditulis oleh Kepala LPMP Jawa Timur Bambang Agus Susetyo. Buku ini sebagai bentuk sumbangan pemikiran dan bukti kiprah nyata Bambang pada kemajuan pendidikan di Jawa Timur. Buku yang berjudul Sutradara Pendidikan ini juga diserahkan langsung oleh Bambang kepada Menteri Kemenko PMP Puan Maharani; Menteri Kemdibud Muhajjir Effendy, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
Sutradara Pendidikan merupakan kajian peran Institusi sekolah sebagai lembaga pendidikan yang dipercaya di Indonesia, yang dipercaya secara efektif sebagai unit perubahan dalam rangka mengantarkan pada peradapan manusia yang lebih baik. Dan melalui Buku Sutradara Pendidikan ini diharapkan dapat mengantarkan masyarakat untuk membantu mewujudkan pendidikan di Indonesia yang maju dan berkualitas.
Seminar ‘Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Ekspresi Kebudayaan Dalam Kearifan Lokal’ dilaksanakan oleh LPMP Jawa Timur dalam rangka menyukseskan gerakan revolusi mental di bidang pendidikan.
PPK lahir karena kesadaran akan tantangan kedepan yang semakin kompleks dan tidak pasti, namun sekaligus melihat ada banyak harapan bagi masa depan bangsa khususnya generasi emas 2030.
Hal ini menuntut seluruh lembaga yang menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik secara keilmuan dan kepribadian, berupa Individu-individu yang kokoh dalam nilai-nilai moral, spiritual, dan keilmuan.*
 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu