Selama Libur Natal, Enam Ribu Orang Kunjungi Baturraden

WARTAJATENG.COM, BANYUMAS - Kunjungan wisatawan ke Lokawisata Baturraden Banyumas,  pada liburan akhir tahun 2017 melonjak. Hal ini terlihat dari pantauan kunjungan selama tiga hari  libur natal. Tingkat kunjungan paling banyak terjadi pada hari Minggu (24/12) mencapai 8.991 orang. Sementara pada Senin (25/12/2017) tercatat sebanyak 8.885 orang sedangkan pada Selasa (26/12/2017) diperkirakan sekitar 6.000 orang karena laporan penjualan tiket belum masuk secara keseluruhan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Lokawisata Baturraden Djoko Hariyanto, Selasa (26/12/2017) mengatakan, jumlah tersebut menunjukkan adanya lonjakan kunjungan karena pada hari-hari biasa rata-rata hanya sekitar 1.000 orang yang mengunjungi Lokawisata Baturraden. Menurutnya puncak kunjungan wisatawan ke Lokawisata Baturraden telah terlewati, yakni pada hari Minggu (24/12/2017).

"Puncaknya hari Minggu kemarin, selanjutnya diperkirakan rata-rata maksimal 6.000 orang per hari," katanya.

Lebih lanjut, Djoko mengatakan lonjakan kunjungan wisatawan itu menunjukkan bahwa Lokawisata Baturraden hingga saat sekarang masih banyak diminati wisatawan terutama dari luar daerah.

Menurut dia, hal itu terlihat dari banyaknya mobil pribadi berpelat nomor luar daerah seperti Jakarta dan Bandung di tempat parkir Lokawisata Baturraden.
Dengan adanya lonjakan wisatawan tersebut, kata dia, target kunjungan wisatawan ke Lokawisata Baturraden pada tahun 2017 makin terlampaui.

"Target kunjungan wisatawan pada tahun 2017 semula sebanyak 450.000 orang kemudian dinaikkan menjadi 500.000 orang, namun sampai sekarang sudah lebih dari 600.000 orang. Sementara dari sisi pendapatan, dari target sebesar Rp7,25 miliar sampai sekarang sudah mencapai Rp8,4 miliar," katanya.

Salah seorang wisatawan asal Temanggung, Miftah mengaku sengaja singgah ke Lokawisata Baturraden dalam liburan sekolahnya. Karena sudah sering mendengar keindahan alamnya maka dia sengaja mengajak temanya.

"Kebetulan saya libur sekolah dan punya teman di Purwokerto sehingga kami minta diantarkan berkunjung dan berwisata di Baturraden," katanya.

Menurutnya pemandangan alam Lokawisata Baturraden sangat bagus. Dengan kekuatan pemandangan alam yang indah, karena berada di lereng Gunung Slamet dan udaranya sejuk tentu tidak bisa dibandingkan dengan wisata buatan. (YD)

Index Berita