Resmikan Kemah Pramuka , Pembina Kwarcab 0410 Rohil, Surya Arfan : Sampah Plastik Sangat Membahayakan Lingkungan.

andy, 19 Aug 2019,
Share w.App T.Me

ROKAN HILIR – Gerakan Pramuka harus mampu mendidik para pramuka dalam mengatasi sampah, terutama sampah plastik. Demikian hal ini dijelaskan oleh pembina Gerakan Pramuka kwartir cabang (Kwarcab) 0410/Rokan Hilir, Drs H. Surya Arfan,Msi seusai membuka secara resmi kemah hari Pramuka ke 58 tahun 2019 di bumi perkemahan Datuk Comel, Senin (19/08/2019). Perkemahan Pramuka Bhakti Masyarakat Aksi Pramuka Peduli ini bertemakan “perangi sampah plastik, pramuka bersih negeriku”. Turut hadir pada saat itu, kejari Rohil, Gaos Wicaksono,SH,MH dan kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais,SH.

"Dari sini kita mendidik anak didik bahwa sampah plastik sangat membahayakan lingkungan kita kedepan,"tuturnya.

Menurut Dia, kegiatan praja muda karana (pramuka) ke 58 tahun pada saat ini lebih meriah dan banyak peserta. Sebelumnya sebanyak 1760 peserta.

"Kalau dihitung saat ini bisa mencapai 2500 orang lebih. Angka itu diluar dari undangan yang hadir " kata Surya Arpan.

Oleh sebab itu, kata Ia, masalah sampah harus di perhatikan di bumi perkemahan ini. Khususnya masalah sampah plastik, dia menegaskan jangan hanya berkomitmen dengan lisan saja. Dia menghendaki para pembina Pramuka wajib mendidik seluruh peserta agar dapat mempraktekkannya di lapangan bumi perkemahan sehingga berkelanjutan mempraktekkannya di rumah masing-masing.

Sampah plastik tidak dapat melebur dengan tanah, kemudian itu sampah plastik bisa menimbulkan zat kimia yang dapat mencemari air tanah sehingga kesuburan tanah menjadi menurun. Pembuangan sampah plastik sembarangan, apalagi kesungai dapat mengakibatkan pendangkalan dan penyumbatan aliran sungai yang bisa berakibatkan banjir.

"Alhamdulillah dibumi perkemahan sini sudah tidak ada lagi sampah plastik. Karena tiap tahun selalu ditanami pohon sehingga tampak rindang dan hijau," pungkasnya. (andy)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu