Pekerjaan Betonisasi Jalan Desa Banyumas Berjalan Optimal

andang, 22 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:


Pandeglang,- Pelaksanaan pekerjaan peningkatan jalan poros Desa Banyumas Kecamatan Bojong yang telah diluncurkan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Pandeglang yang menelan angggaran sebesar Rp.324.421.000,- berjalan optimal dan sesuai standar spesifikasi kontruksi. Hal tersebut dikatakan Asep selaku pelaksana lapangan CV Gelora Agazhi pada indonesiasatu.co.id Kamis (22/8/2019).

Keterangan kepada media kata Asep merupakan dasar informasi kepada masyarakat bahwa apa yang dilakukan pihak penyedia jasa kontruksi akan bekerja maksimal sesuai spek teknis pekerjaan tersebut.

"Di era serba terbuka ini, kami rasa sudah sepatutnya pelaksana membuka dan menjelaskan teknis pekerjaan kepada publik, agar masyarakat mengerti dan mengetahui bagaimana kontraktor bekerja secara maksimal untuk mengejar mutu dan kualitas pekerjaan sehingga hasilnya akan dapat dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik," ujar Asep

Lebih lanjut dikatakan Asep, jika suatu pekerjaan dilihat atau diuji oleh orang yang bukan ahlinya, tentu hasil pengamatan dan penilaiannya akan berbeda. Untuk itu kata dia, lebih baik kita jelaskan lebih detail dan rinci ke publik tentang teknis pelaksanaannya.

"Pada pekerjaan betonisasi jalan poros Desa Banyumas sudah kami kerjakan sesuai teknis dan standar spesifikasi kontruksi, dimana dilokasi kegiatan bisa dilihat pada titik pemasangan besi dowel yang berfungsi sebagai joint sealent, kami pasangkan triplek tipis, agar pada saat pergerakan proses pengeringan beton tersebut bila terjadi retak atau patah akan tepat pada titik terpasangnya dowel," kata Asep

Namun kata dia kembali, dirinya kerap menemukan pekerjaan beton yang patah dengan patahan tidak teratur, dan itu kata Asep lantaran teknis pemasangan besi dowel yang keliru.

"Beton itu sudah pasti patah pada saat proses pengeringan, tapi untuk pekerjaan beton jalan Banyumas patahannya terjadi pada titik yang seharusnya, dimana pada titik tersebut terpasang dowel. Dan itu tidak jadi masalah, bisa dilihat dengan seksama dilapangan setiap titik patahnya itu lurus dan disitu ada tripleknya," jelasnya kepada indonesiasatu.co.id via chat WhatsApp

Bahkan lanjut Asep, pihaknya dalam melaksanakan pemasangan besi dowel lebih teliti mulai dari pemasangan yang dibalut dengan plastik hingga pada ukuran dan jumlah besi pun disesuaikan dengan spek yang ada.

"Semua yang saya katakan ini ada dokumentasinya pak berupa foto dan video saat pelaksanaan pekerjaan. Boleh ditanyakan pada ahlinya apakah benar atau salah pemasangan besi seperti dalam dokumentasi saya itu," tegasnya

Menanggapi hal tersebut Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Keadilan Masyarakat Banten ( FKMB ) Kabupaten Pandeglang, Yusuf Alayubi mengapresiasi kepada setiap penyedia jasa kontruksi khususnya para kontraktor pelaksana pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pandeglang yang dapat melaksanakan pekerjaan sesuai standar spesifikasi kontruksi sehingga menghasilkan sebuah pekerjaan yang memiliki mutu dan kualitas.

"Kami apresiasi apa yang telah dijelaskan Asep selaku pelaksana lapangan pekerjaan betonisasi jalan Desa Banyumas. Dan kami sebagai lembaga sosial kontrol selama hasil pekerjaan dapat diterima oleh masyarakat bagi kami itu tidak menjadi masalah, berarti pekerjaan tersebut bermutu dan berkualitas, ada pun jika ada pandangan atau pengawasan rekan rekan media menyikapi seputar teknis pekerjaan kontruksi alangkah baiknya temuan tersebut dikonfirmasikan terlebih dulu kepada pelaksana yang bersangkutan atau pada ahlinya yang berkompeten, agar informasi atau temuan tersebut mendapat jawaban yang lebih terinci, akurat dan jelas," tutup Yusuf (dhank)

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu