NOBAR G 30 S PKI, Melimpah Ruah Masyarakat Pasaman Penuhi GOR Tuanku Rao

WARTASUMBAR.COM : PASAMAN, --- Minatnya masyarakat Pasaman dan para pelajar serta ASN dilingkungan Pemkab Pasaman Penuhi Gedung Olahraga Raga (GOR) Tuanku Rao.Di Kecamatan Lubuksikaping Kabupaten Pasaman. Kamis (28/9).

Dalam pemutaran Film G 30 S PKI ini didukung penuh Oleh Kodim 0305, Pemkab Pasaman, Pemuda Pancasila Pasaman (PP) dan Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI).

Hadiri dalam acara ini,Wakil Bupati Pasaman H.Atos Pratama,Dandim 0305 Letkol, Arm, Cosmas Pramunditho, Kapolres Pasaman Reko Indro Sasongko, Kepala Pengadilan Agama Taufik Ridho dan Kepala Dinas se Kabupaten Pasaman.

Wakil Bupati Pasaman H.Atos Pratama mengatakan, kegiatan Nonton Bareng Film G 30 S PKI merupakan menjadi salah satu cara untuk mengingatkan masyarakat dengan sejarah penghianatan terhadap Pancasila.

Ia juga menambahkan, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 oktober 2017, mengingatkan kembali agar kita lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai - nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

"Pemerintah akan bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan Komunis yang jelas - jelas dilarang di Indonesia".Tegas Wabup. 

Sementara itu, ditempat yang sama Dandim 0305/Pasaman, Letkol, Arm, Cosmas Pramundhito mengatakan, bahwa pemutaran film ini guna untuk mengingatkan atau mengenang kembali tentang sejarah kelam bangsa indonesia yaitu adanya gerakan dari Partai Komunis Indonesia (PKI), dan mereka ingin merebut kekuasaan dari dasar negara pancasila. Dan sejarah kelam ini jangan sampai terulang kembali.

Menurutnya, tujuan pemutaran film itu agar pelajar, generasi muda serta masyarakat, supaya memahami bahwa paham komunis sangat berbahaya dan dilarang di negara indonesia.

Kata Dandim, kita harus selalu ingat akan sejarah, jangan pernah melupakan sejarah, walaupun sejarah kelam yang terjadi di negara kita ini.

"Kita meyakinkan bahwa tidak ada ideologi lain bagi bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika selain pancasila" ujar Dandim.

Kegiatan nonton ini dilaksanakan sampai dengan tanggal 30 September 2017. Kegiatan nonton bareng ini dilaksanakan setiap harinya. Dilaksanakan diseluruh wilayah Koramil jajaran Kodim 0305 Pasaman.

Jangan sampai generasi muda Pasaman kedepan buta tentang sejarah bangsanya. Seriuslah menonton film ini, sehingga, masyarakat memahami dan lebih dewasa untuk menyikapi faham-faham yang ingin merongrong NKRI. 

Hal ini juga sebagai tindak lanjut amanat yang disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. 

Sementara itu, Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Pasaman Fetrizal SH. Di dampingi Ketua Sama-sama PP Zulfadli Mengatakan, kegiatan Nobar ini agar masyarakat dan generasi muda lebih paham sejarah Indonesia kita ini. 

Selain itu juga, nobar Film G 30 S PKI Pemuda Pancasila adakan doorprize, sekitar  21  paket. Dan, hadiah utama yaitu satu buah sepeda. Yang nantinya akan dibagikan setelah acara pemutaran Film G 30 S PKI. Dengan cara mengundi Kupon.  (Anto).