Majukan Sekolah, Kepala Sekolah Dituntut Kreatif

INDONESIASATU.CO.ID:

Tanjung Jabung Barat - Fahri Hidayat Lubis, District Coordinator Tanoto Foundation Tanjung Jabung Barat mengatakan bahwa tindak lanjut perjanjian kerjasama antara Tanoto Foundation dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat tentang peningkatan mutu pendidikan di Tanjung Jabung Barat, Tanoto Foundation akan melatih kepala sekolah dan pengawas di wilayah tersebut.

“Sebagai informasi, bahwa kemajuan sekolah kerap terhambat lantaran kegagalan pengelolaan. Kepala sekolah dituntut terus meningkatkan kapasitas manajemennya, khususnya dengan menerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS) secara penuh komitmen, konsisten, dan konsekuen” ujar Fahri.

Semangat inti MBS adalah otonomi, sehingga penerapan MBS menuntut kepemimpinan kepala sekolah yang kuat dan berorientasi pada pembelajaran. Maka, kepsek seharusnya mempunyai komitmen dan kapasitas pembelajaran yang baik sebagai pengarah dan pengelola pembelajaran.

Demikian inti dari pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah yang akan diikuti oleh kepala sekolah dan pengawas di Tanjung Jabung Barat. Pelatihan diselenggarakan oleh Tanoto Foundation. Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama, pelatihan berlangsung selama dua hari, 24-25 Oktober 2018 dan diikuti 21 kepala sekolah dan 6 pengawas dari 24 sekolah mitra.

Fitria Hima Mahligai, Training Specialist Primary Tanoto Foundation mengatakan bahwa kepala sekolah merupakan kunci perubahan pada tingkat sekolah. “kepala sekolah sebagai manajer memiliki peran yang cukup strategis untuk membawa perubahan tersebut di sekolah, sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua terlibat aktif mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan program di sekolah,” ucap Fitri, panggilan akrabnya, disela sambutan, Rabu (24/10/18).

Kegiatan pelatihan manajemen dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjung Jabung Barat, melalui Sekretaris Dinas, H. M. Yusuf. Dalam sambutannya Yusuf mengapresiasi pelatihan ini sehingga diharapkan mutu dan kualitas pendidikan dapat semakin berkembang. Kemudian sekolah diminta untuk mengelola sekolah yang inovatif dan pintar.

“Sekolah perlu menerapkan pembelajaran yang berkualitas dan praktik yang baik” ujarnya.

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita