Madrasah Ibtidaiyah Mursyidah Meriahkan Tahun Baru Islam dengan Karnaval

INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mursyidah Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang memeriahkan tahun baru Islam 1440 Hijriah dengan pawai keliling desa, Senin (10/9). Selain pawai peserta didik juga diminta latihan menghafal doa akhir dan awal tahun.

Menurut guru MI Mursyidah,  Risalatul Aminin kegiatan karnaval ini bertujuan mengajari siswa-siswi untuk mengenal bulan hijriyah. Setelah mengenal, maka dilanjutkan dengan mensyiarkan kepada masyarakat. Karena selama ini perayaan tahun baru Islam tak semeriah saat pergantian tahun masehi.

“Tujuan utama kita untuk syiar, selama ini tahun baru Islam kalah pamor dengan pergantian tahun masehi. Kalau kita tidak mengisi dengan kegiatan positif siapa lagi yang memeriahkan,” jelasnya, Senin (10/9).

Rute karnaval ini yaitu mengelilingi Desa Mancilan dengan menggunakan berbagai atribut. Selain itu, dalam kegiatan ini para siswa-siswi juga diajarkan menghafal doa akhir tahun dan awal tahun. Sekaligus pengenalan bulan-bulan hijriyah kepada peserta didik.

“Secara umum karnavalnya hampir sama dengan karnaval diacara lain. Cuma khusus peringatan tahun baru Islam kita fokuskan menggunakan atribut-atribut yang sering dipakai orang Islam Indonesia. Seperti jilbab, kopiah, baju takwa, tasbih, sejadah, pengajaran doa awal dan akhir tahun,” beber Risalatul.

Mahasiswa program pasca sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri ini menambahkan karnaval ini tidak dipungut biaya pendaftaran. Hal ini karena tujuan utamanya bukan mencari juara tapi memeriahkan dan menyemarakkan tahun baru Islam.

“Kita ingin karnaval itu meriah tapi tidak memberatkan wali murid. Dalam kata lain sederhana tapi tujuannya mengena. Jadi tak boleh menyewa pakaian atau atribut mahal-mahal,” tandas Risalatul

Reporter : Fredy 

Redakur : Syarif Abdurrahman

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita