Danramil Sumberbaru Kodim 0824/Jember Hadiri Sosialisasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana

indonesiasatu, 26 Jun 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JEMBER – Keberadaan beberapa desa di Kecamatan Sumberbaru yang memiliki kerawanan bencana baik bencana banjir maupun tanah longsor, perlu adanya inisiasi dibentuknya Desa Tangguh Bencana, sehingga masyarakat memiliki tingkat kewaspadaan dan kesadaran yang lebih tinggi menghadapi bencana apabila terjadi diwilayahnya.

Pada Rabu 26/06/2019 Pukul 09.00 Wib bertempat di Balai Desa Gelang Kec Sumberbaru Kab Jember dilaksanakan sosialisasi pembentukan desa tangguh bencana (Dastana), oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember.

Hadir pada kesempatan tersebut Ka BPBD Jember Rasyid Zakaria, Komandan Koramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Asno, Camat Sumberbaru  Dedi Winarno, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda Desa Gelang.

Rasyid Zakaria dalam sosialisasinya memaparkan kondisi geografis secara umum baik Desa Gelang maupun wilayah Kabupaten Jember, serta sisi kerawanan bencana yang kemungkinan terjadi, sekaligus kewajiban kita masyarakat menghadapi situasi bencana tersebut, sehingga masyarakat memiliki ketanggap segeraan, memiliki tingkat kewaspadaan dalam bersikap dan bertindak.

Komandan Koramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Asno usai kegiatan tersebut saatkami konfirmasi menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung sekali dengan adanya pembentukan desa tangguh bencana, sosialisasi  tersebut sangat diperlukan bagi wilayah Kecamatan Sumberbaru yang memiliki beberapa kerawanan bencana, dengan sosialisasi dan pelatihan-pelatihan masyarakat dalam menghadapi bencana disekitarnya, tentunya akan meningkatkan kesadaran, kemampuan dan ketrapilan masyarakat apabila terjadi bencana.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar sangat mengapresiasi dilakukannya pembentukan Desa Tangguh Bencana tersebut, dengan terlatihnya relawan yang bersumber dari masyarakat setempat nantinya akan mempercepat langkah-langkah responsif yang diperlukan, mempercepata reaksi tanggap darurat,  tidak lagi menunggu tim relawan dari BPBD dan TNI yang tentunya memerlukan waktu dapam pergeseran personelnya, apabila ada kejadian bencana alam. Pungkasnya. (Siswandi)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu