Ketua KPUD Torut Mery Parura, Gelar Bimtek KPPS Di Lembang Pitung Penanian

INDONESIASATU.CO.ID:

TORAJA UTARA - Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kabupaten Toraja Utara melalui Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) melaksanakan Bimbingan Teknis pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara bagi Ketua KPPS dan anggota KPPS Lembang Pitung Penanian dan Lembang Ma'kuanpare( Desa) dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan tahun 2018, Selasa (12/06/2018).

Bimtek digelar di Aula Kantor Lembang Pitung Penanian, Kecamatan Rantebua yang dihadiri ketua KPU, Mery Parura Bersama staf KPU, Markus, Bunga Sarung Allo didampingi , ketua PPK, Rusli Sarira, sekertaris PPK, Julneti, ketua PPS Pitung Penanian, Petrus Leppon bersama anggota PPS dan ketua KPPS di dua Lembang, Lembang Pitung Penanian dan Lembang Ma'kuanpare berjalan dengan lancar dan khidmat.

Ketua PPK Kecamatan Rantebua mengatakan, tujuan Bimtek ini untuk mensosialisasikan teknis penyelenggaraan pemungutan suara guna memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggungjawab KPPS. Mulai dari persiapan TPS, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dan penyampaian hasil pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Dia berharap agar benar-benar peserta Bimtek mengikuti kegiatan ini, karena berhasil tidaknya penyelenggaraan Pilkada Sul - Sel di Kecamatan Rantebua tergantung dari anggota PPS dan KPPS. “Jika dalam Bimtek ini ada yang kurang paham, peserta jangan malu-malu untuk bertanya, agar betul-betul paham,” unkap Rusli Sarira.

Sementara itu Ketua KPU Mery Parura dalam pengarahannya mengatakan, Bimtek kali ini digelar sebagai bentuk persiapan bagi anggota PPS dan ketua KPPS untuk menghadapi pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 27 Juni nanti.

“Kami undang anggota PPS dan KPPS didua Lembang Pitung Penanian dan Lembang Ma'kuanpare ini Kecamatan Rantebua dalam Bimtek ini sebagai bekal dalam persiapan proses pengenalan tata cara penyelenggaraan penghitungan suara pada Pilkada mendatang,” unkapnya.

Lanjut kata Mery, banyak jenis-jenis formulir yang harus diisi dan dipahami oleh penyelengara PPS dan KPPS, yang nanti teknisnya saya sendiri yang lansung memandu kegiatan bimtek ini. Mery juga meminta kepada semua penyelenggara di tingkat Lembang/desa, agar mensosialisasikan kepada pemilih semua proses pemilihan. Agar pelaksanaan nanti berjalan lancar dan sukses.

Di tempat terpisah Kepala Lembang Pitung Penanian, Yohanis Rante Bunga mengungkapkan,"Saya merasa sangat bersyukur dan bangga hati atas terlaksananya pelaksanaan Bimtek kali ini demi mewujudkan suksesnya Pilkada damai 27 juni yang tidak lama lagi. semoga Pilkada ini berjalan tertib dan aman,"unkap Yohanis Rante Bunga saat ditemui dikediamanya kepada wartawan.

Yohanis mengatakan pihaknya sangat mendukung sekali kesuksesan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan tahun 2018 di wilayah Kecamatan Rantebua. Oleh karena itu, Bimtek bagi KPPS khususnya di Lembang Pitung Penanian ini yang mengikuti Bimtek untuk bisa benar-benar serius diikuti dengan seksama.

Ditambahkan,"Saya menghimbau para peserta Bimtek untuk betul-betul serius mengikuti bimbingan teknis ini, sebab kalian lah tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan Pilgub Sul - Sel di Kecamatan Rantebua mendatang,” tutur Yohanis Rante Bunga Kepala Lembang Pitung Penanian yang akrab disapa Pong Anggun.(Erlin)

Index Berita