Kadis Perikanan Andi Faridah: Bupati Berharap Ada Tempat Produksi Benih Ikan Bandeng di Pangkep

INDONESIASATU.CO.ID:

PANGKEP- Ir Hj  Andi Faridah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pangkep saat dihubungi diruang kerjanya beberapa hari lalu mengatakan bahwa Bupati Pangkep H. Syamsuddin Hamid berharap agar ada tempat produksi benih (Nener) ikan bandeng di Pangkep.

Hj Andi Faridah mengatakan bahwa memang selayaknya ada tempat produksi benih Ikan di Pangkep, sebab Pangkep ini terkenal sejak dari dulu dengan ikan bandengnya, perlu memang diupayakan agar ada tempat produksi nener.

“Dengan adanya tempat pembenihan ikan bandeng di daerah ini, maka petani tambak kita di Pangkep, tidak jauh-jauh lagi order benih ikan bandeng” ujarnya.

Ir Hj Andi Faridah menjelaskan bahwa asal mulanya benih ikan bandeng itu dari wilayah pesisir pulau, dan Pangkep ini banyak pulaunya, sehingga tidak ada alasan tidak bisa melakukan hal tersebut, yang penting sudah ada persetujuan dari bupati Pangkep, maka program ini bisa saja kita lakukan segera, minimal tahun anggaran 2020.

“Sekarang ini sudah ada mesin produksi benur, bibit udang di pulau Sabutung Kecamatan Liukang Tupabiring Utara, sehingga petani tambak yang mau order benur tahun depan sudah bisa berhubungan dengan pengelolah dipulau Sabutung atau di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Pangkep” ujarnya.

Untuk itu, kami sangat berharap agar tempat produksi pembenihan ikan bandeng juga ada di Pangkep, dan lokasinya sudah ada yang tepat, yakni diwilayah pesisir Pulau sabutung tidak jauh dari tempat produksi benur.

Hj Andi Farida mengakui bahwa mendirikan tempat produksi nener, bisa menelang dana sekitar 2 milyar,  dan dana tersebut diyakininya tidak seberapa besar dibandingkan manpaatnya buat masyarakat kita untuk tani tambak sepanjang tahun. (herman djide)

  • Whatsapp

Index Berita