Di Ujung Masa Pensiun, Kepsek SMPN 2 Kota Cilegon 'Genjot' Guru dan Siswa Berprestasi

indonesiasatu, 03 Dec 2018,
Share w.App T.Me

CILEGON - Dra. Munawaroh MM (60), Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Cilegon, lahir di Taktakan Kota Serang, Pendidikan terakhir S2. Beliau memulai karir sebagai seorang guru tahun 1986 - 2001 dan mulai mengabdi sebagai guru BK di SMPN 2 Kota Cilegon. 

Tahun 2003-2005 beliau menjabat Kepala Sekolah SMPN 8 Kota Cilegon, pada Tahun 2005-2010 beliau di rotasi sebagai Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Cilegon, dan pada Tahun 2010 sampai sekarang dirinya bertahan menjadi Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Cilegon.

Motivasi beliau menjadi seorang guru adalah memberikan manfaat ilmu, agama kepada anak-anak bangsa. Tidak hanya itu sebagai sosok pemimpin dilingkungan SMPN 2, ini pun ternyata hobby bernyanyi dan itu terlihat dari talentanya hingga membuat album beberapa lagu hasil ciptaan sendiri. Berjiwa seni sepertinya sudah melekat didiri kepala sekolah satu ini. Tak heran jika lingkungan SMPN 2 Kota Cilegon terlihat indah dan sehat, nyaman dan asri, itu karena Kepala Sekolah yang senang dengan keindahan, sesuai dengan visi dan misi sekolah, 'unggul dalam prestasi , berwawasan global, cinta lingkungan serta berilmu dan bertaqwa'.

Sebagai kepala sekolah SMPN 2 kota Cilegon beliau memajukan sekolah berdasarkan visi dan misi tersebut. Kemudian menciptakan sinergitas lingkungan sekolah dengan orang tua, guru dan murid bahkan dengan masyarakat secara umum. Jadi amatlah wajar jika sekolah ini berpredikat sebagai sekolah terbaik di Kota Cilegon Banten.

Kepada indonesiasatu.co.id Dra Munawaroh, baru-baru ini mengaku terkesan terhadap murid-muridnya, ketika muridnya melakukan sesuatu yang baik dan menciptakan kreasi serta prestasi. Dan itu menjadikan kebanggaan tersendiri terhadap dirinya. Karena itu beliau merasa bangga dan senang, terlebih dengan 
guru-gurunya, dirinya merasa sudah seperti keluarga. Dimana susah dan senang dirasakan bersama sehingga rasa kebersamaan itu menjadi motivasi semua untuk terus berupaya meningkatkan prestasi sekolah.

SMPN 2 Kota Cilegon memiliki junlah siswa sebanyak 903 siswa dengan guru pengajar 53 orang. Raihan prestasi sekolah ini adalah prestasi bidang akademik dan non akademik, bisa dibilang luar biasa dan patut mendapat acungan jempol, karena prestasi yang diraih sekolah hingga prestasi tingkat internasional.

Ditempat yang sama Dra Heny Rahmawati, Waka Kesiswaan menambahkan, prestasi yang dicapai oleh guru dan siswa di SMPN 2 Kota Cilegon diantaranya, Juara 1 alat peraga atas nama guru Dian tingkat Kota Cilegon, Juara 1 matematika atas nama guru Lia tingkat Kota Cilegon, Juara 1 IPA atas nama guru Eti tingkat Kota Cilegon, Medali Perunggu IOEC tingkat internasional di Penang Malaysia Tahun 2018, Medali Emas , Perak dan Perunggu putra putri storytelling tingkat internasional di Penang Malaysia thn 2018, Juara 1 Taekwondo tingkat internasional di Jogjakarta thn 2018, Juara 2 Taekwondo tingkat nasional di Purwokerto Jawa Tengah, Juara 1 putra- putri MTQ baca Alquran tingkat Kota Cilegon, Juara 1 Karate tingkat Kota Cilegon. 

"Itu hanya diantaranya saja masih banyak prestasi lainnya", ujar Heny seraya menambahkan, setiap siswa-siswi berprestasi yang telah mengharumkan nama sekolah diberi apresiasi dan mendapat hadiah dengan diumumkan diseluruh teman-teman dan guru-guru saat acara upacara sekolah.

Diketahui keunggulan SMPN 2 Kota Cilegon pun ada pada kegiatan olahraga marching band , stasiun radio dan air modelling , bahkan marching band menjuarai tingkat propinsi dan selalu tampil untuk acara-acara tertentu di Kota Cilegon.

Diakhir wawancara bersama pihak SMPN 2 Kota Cilegon, Dra Munawaroh mengaku dirinya tidak lama lagi pada Bulan April 2019 akan menghadapi masa pensiun. Untuk itu beliau pun menyampaikan pesannya terhadap siswa-siswanya agar terus belajar dan belajar jangan sampai tertinggal satu informasi pun, dan selalu untuo mengikuti perkembangan pendidikan agar kelak menjadi anak yang berguna bagi orang tua dan bangsa. (Herman/dhank)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu