Dikelola Oknum Kades Proyek Sanimas Desa Kadu Gemblo Diduga Langgar Pedoman Teknis

andang, 17 Aug 2019,
Share w.App T.Me

Pandeglang,- Proyek Sanitasi Berbasis Masyarakat atau biasa disebut Sanimas, yang berlokasi di Desa Kadu Gemblo Kecamatan Kaduhejo dalam pelaksanaan pekerjaannya diduga dikelola oknum Kepala Desa berinisial 'DW'. Padahal sesuai Pedoman teknis program tersebut seharusnya dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) setempat.

Ketua Forum Keadilan Masyarakat Banten (FKMB) Kabupaten Pandeglang, Yusuf Alayubi kepada indonesiasatu.co.id, Kamis (15/8/2019) mengakui keterlibatan kepala desa dalam pelaksanaan pekerjaan proyek Sanimas Desa Kadu Gemblo yang menurutnya telah mengabaikan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis program.

"Harusnya pelaksana proyek sanimas sepenuhnya dikelola KSM bukan kepala desa", ujar Yusuf

Menurut Yusuf, peran KSM di Desa Kadu Gemblo tidak difungsikan. Hal tersebut diketahui setelah dirinya melakukan investigasi lapangan dan mendapat informasi dari pengurus KSM, kalau pekerjaan sanimas sepenuhnya dikelola oknum Kades DW.

"Keterangan Ketua KSM, Suryo kalau mau tanya soal sanimas silahkan datang saja ke Pak Lurah, karena semuanya yang mengerjakan pak lurah dan untuk rekan-rekan sudah diatur sama pak lurah", ujar Yusuf menirukan ucapan yang disampaikan Ketua KSM.

Sementara dilihat dari hasil pekerjaan kata Yusuf, kegiatan sanimas tersebut terlihat dikerjakan asal jadi (Asjad), karena terbukti dari Coran Beton yang bocor dan sangat terlihat adanya rembesan air disetiap sudut bidang sanimas.

"Sepertinya pekerjaan itu diduga tidak ada pasangan batu dasar sehingga terjadi rembesan air", cetus yusuf seraya menambahkan kalau dilokasi proyek tersebut juga tidak ditemukan adanya direksi kit, yang semestinya itu ada karena telah dianggarkan, jelas pelaksanaan pekerjaan program dari IDB yang menelan anggaran Rp.425 juta tersebut ditenggarai telah melanggar aturan dan mengabaikan terhadap juklak-juknis program.

Disesalkan ditemui di Kantor Desa Kadu Gemblo DRW, tidak dapat ditemui lantaran yang bersangkutan tengah ada tugas luar.

"Pak Lurah sedang tidak ada ditempat mungkin lagi ada tugas luar pak", ujar seorang staf desa pada indonesiasatu.co.id Kamis (15/8/2019).(dhank)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu