Proyek Siluman Fersi Dinas Pendidikan Kota Sungai Penuh, Dikerjakan Tanpa Papan Merek

INDONESIASATU.CO.ID:

SUNGAIPENUH - Pekerjaan kontruksi pada dinas pendidikan yang di kerjakan oleh pihak kontrakror dinilai tidak transpran pasalnya di setiap kegiatan pekerjaan tak satupun dari pihak kontraktor yang memasang papan merk.

Pemasangan papan  merk sangatlah penting karena sudah dicantumkan di dalam kontrak, sebab papan merk itu adalah sumber informasi bagi masyarakat untuk mengetahui dari mana sumber dana dan berapa jumlah yang dianggarkan oleh pihak pemerintah.

Dari Pantauan IndonesiaSatu.co.id, kamis (27/06/2019), di lokasi pekerjaan, baik yang tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tak satupun ditemukan pihak kontraktor yang memasang papan merk di lokasi pekerjaan kontruksi.

Salah satu warga paling serumpun yang kami temui saat di konfirmasi media ini, kami menanyakan berapa anggaran yang di turunkan untuk pembuatan pagar sekolah ini ? Masalah ini kami tidak tahu sebab pekerjaan ini di kerjakan oleh pihak ketiga, selain itu mereka juga tidak memasang papan merk.

"Ya kami tidak mengetahui berapa jumlah anggaran untuk pekerjaan pagar sekolah ini, dari mulai pihak kontraktor bekerja tidak terlihat adanya pemasangan papan merk" ungkap salah satu warga di desa pali serunpun

Sebagai mana yang dituturkan Yudi, LSM Fakta,  setiap pembangunan pemerintah yang dibiayai dari APBN, APBD provinsi maupun APBD Daerah Kabupaten/Kota dan atau Desa, wajib memasang papan informasi  nama kegiatan tersebut, ketika tidak ada papan nama kegiatan bisa disebut ” proyek siluman ”.

Ditambahkannya papan merk telah dianggarkan dalam Kontrak, kami menduga ini ada unsur kesengajaan agar masyarakat tidak mengetahui sumber dananya dari mana dan berapa hari kalender pengerjaanya. Semua ini bisa dikatakan ada pembiaran dari dinas terkait terhadap proyek tersebut yang melanggar aturan Undang-Undang, ungkapnya.

Menurut Undang Undang ( UU) nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah .

”Pekerjaan yang mengunakan Dana Negara wajib memasang papan nama informasi kegiatan Proyek dan jika rekanan selaku pihak ketiga tidak memasanganya berarti sudah melanggar Peraturan Presiden,"tegasnya, (YD.doni_JIS)

  • Whatsapp

Index Berita