Diduga Pembangunan Jalan Desa Mekar Jaya Kec.Tanah Kampung Dari Anggaran Dana Desa Tahun 2019 Dikerjakan Asal Jadi

antonius, 08 Jul 2019,
Share w.App T.Me

Sungai Penuh, Harapan Pemerintah melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertingal dan Tranmigrasi (KEMENDES PDTT) Dengan Terealisasinya Dana desa, pada tahun 2015 hinga tahun 2018 Dengan sasaran Untuk Perbaikan Infrastruktur  Pedesaan  yang terbagi dalam Dua Kategori untuk Infrastruktur penunjang Aktifitas Ekonomi  seperti  jalan, Jembatan,Pasar Desa dan Badan milik Usaha Desa (BUMDES) selain Itu Infrastruktur Untuk meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat seperti tersedianya sarana Air bersih, Polindes dan PAUD.

Pada Tahun angaran 2019 Ini,  Sebagai mana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 16 tahun 2018,  Mencakup Dalam Pasal 3 ayat 4, Berprioritas serta Memliki Arah  dan pandangan Mengenai Manfaat  Dana Desa.  Diantaranya diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan Program dan Kegiatan di bidang Pembangunan Desa Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Akan tetapi siapa Yang bakal Mengetahui,  bahkan untuk Menindak Tegas adanya Dugaan Penyimpangan dalam Pelaksanaa Fisik Pekerjaan dilapangan, Kebanyakan Konstruksi Bangunan Desa yang telah dilaksanakan, Sangat Rendah akan mutu Maupun Kualitasnya, Karena Dalam Melaksanakan Pekerjaan tersebut, Lemah  Pengawasan untuk pekerjaan Teknis konstruksinya , wajar saja Banyak Pembangunan yang dilaksankan Rusak dan Ambrol dalam Waktu singkat Sehingga Biaya Yang terlah digelontorkan Menjadi sia- sia, anehnya Laporan Realisasi Biaya yang telah digunkan Tetap saja mulus diterima Oleh dinas  Instansi terkait yang ada didaerah.

Sebagaimana, Yang dituturkan Oleh Warga Desa Mekar Jaya Kecamatan Tanah kampung Kota Sungai penuh,  Kepada media ini 08/07. Yang disebutkan identitasnya, Mengatakan “sebagi masyarakat Kami sangat Bangga Terhadap Pemerintah Pusat yang telah merealisasikan Dana tersebut, terutama sekali Pada desa kami, yakni Desa Mekar Jaya Kecamatan tanah Kampung dan Kami sangat Khawatir sekali Melihat Pelaksanaan Pekerjaan Fisik / Pembangunannya, lihat, seraya Menunjuk Kearah Masayarakat yang Terlihat sedang melaksanakan Pekerjaan Pengecoran Jalan Lingkungan ( Rabat Beton) Menurutnya Apakah Pekerjaan tersebut bisa Dikatakan Layak, Fasalnya Pekerjaan Pencampuran Beton dilaksanakan,  Dengan cara Menggundukan Tanah yang diaduk secara manual dengan mengunakan Cangkul,l tanpa ada Mengunakan Alat Pencampur Seperti Molen, tentu saja Campuran Beton Tidak bakal bisa, tercapai Adukan Beton yang Homogen (Rata)

Ditambahkan Nya, dan Lebih Parah lagi Pekerjaan yang dilaksnakan tidak Ada Pemadatan Tanah pada badan jalan Terlebih Dahulu, dengan mengunakan alat, demikian juga Dengan lokasi jalan Yang akan Dicor Beton, terlihat masih banyaknya Sampah jelas ini tidak ada yang Namanya Pekerjaan pembersihan lokasi Trelebih dahulu, sehingga kami memduga kuat tidak ada  Perencanaan Pekerjaan Fisiknya deangan Matang, alias asal – asalan.      

Lantas yang menjadi Pertanyaan kami Selaku masyarakat Awam yang tidak tahu Pasti aturan main Dana Desa ini, siapakanh Orang yang ditugaskan  mengawasi,  Menyangkut Teknis Pekerjaannya, agar terciptanya Mutu serta Kualitas Pembangunan yang dapat Bertahan lama sebagaimana Ketentuan Untuk sebuah pekerjaan Konstruksi Bangunan Beton. Dan jikka Hanya Pendamping Desa saja itu bakal Mustahil. Karena Mereka bukan orang Khusus menangani bidang Konstruksi Tegassnya.

Bedasarkan Apa Yang Disampaikan Warga Desa  Mekar Jaya Kecamatan Tanah Kampung Kota Sungai Penuh ini, terhadap adanya dugaan Penyimpangan Teknis Pekerjaan pembangunan Jalan Lingkungan Desa,, Media Ini Berusaha Untuk mencari dan  meminta keterangan / Konfirmasi Kepada Kepala desa Mekar jaya, dan berusaha untuk menemui PPK nya, akan tetapi sampai Berita Ini dipublis, belum ada pihak desa maupun Pihak  yang dinilai bertangung Jawab terhadap  pekerjaan ini, dapat dimintai Ketaranganya (Bers-Doni.JIS-Krc)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu