CV. Zein Karya Menangkan Proyek Pengamanan Tebing Sungai Belakang MTSn Lakitan Senilai Rp 279.853.000,00

indonesiasatu, 04 Jun 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PAINAN - CV. Zein Karya akhirnya ditetapkan sebagai pemenang tender pada Satker Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pesisir Selatan untuk Proyek Pengamanan Tebing Sungai Belakang MTSn Lakitan dengan Nilai Proyek Hasil Negosiasi sebesar Rp.279.853.000. (Dua Ratus Tujuh Puluh Juta Sembilan Delapan Ratus Lima Puluh Tiga Ribu Rupiah). Walaupun penawaran dari CV. Zein Karya lebih tinggi dari CV. NANDO KARYA yang menawar proyek Rp 236.907.215,74 (Dua Ratus Tiga Puluh Enam Juta Sembilan Ratus Tujuh Ribu Dua Ratus Lima Belas Rupiah Tujuh Puluh Empat Sen Rupiah) atau dengan selisih Rp23.416.868.574 (Dua Puluh Tiga Juta Empat Ratus Enam Belas Ribu Delapan Ratus Enam Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Tujuh Puluh Empat Rupiah).

Berdasarkan Sistem Lelang yang digunakan yaitu Harga Terendah Sistem Gugur, maka pemenang tender ini harusnya CV. Nando Karya. Apabila tender ini berpatokan pada harga terendah dari CV. Nando Karya maka Proyek ini bisa diduga telah melakukan Mark Up atau penggelembungan harga proyek sebesar Rp23.416.868.574 (Dua Puluh Tiga Juta Empat Ratus Enam Belas Ribu Delapan Ratus Enam Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Tujuh Puluh Empat Rupiah).

Namun Panitia Lelang mempunya alasan lain untuk memenangkan CV. Zein Karya dan mengalahkan CV. Nando Karya dengan alasan berikut ini:

  1.  Metoda Pelaksanaan Pekerjaan yang disampaikan tidak menggambarkan penguasaan dan penyelesaian pekerjaan dengan baik , hal ini dibuktikan pada metoda pelaksanaan yang disampaikan tidak dijelaskan kapan dimulainya, kapan berakhirnya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap item item pekerjaan yang dijelaskan. hal ini tidak sesuai dengan ketentuan dalam IKP dokumen pemilihan Pasal 29.13 Evaluasi Teknis Huruf C (2) Penilaian persyaratan teknis minimal dilakukan terhadap huruf (b) point 4 yang berbunyi " Time Schedule harus Selaras dengan Tahapan Pekerjaan dalam Metode Pelaksanaan".
  2. Time schedule yang disampaikan tidak menggambarkan penyelesaian pekerjaan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan pada time schedule yang dilampirkan tidak ada penjelasan kapan dilakukannya serah terima pekerjaan ( PHO ). Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan dalam IKP dokumen pemilihan Pasal 29.13 Evaluasi Teknis Huruf C (2) Penilaian persyaratan teknis minimal dilakukan terhadap huruf (b) point (2) yang berbunyi " menggambarkan waktu serah terima awal pekerjaan (PHO) ".
  3. Pengalaman pekerjaan Juru Ukur yang dilampirkan atas nama Hengki Danra hanya 4 tahun, Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan dalam LDK Dokumen Pemilihan huruf B Persyaratan Kualifikasi Point 9. Memiliki kemampuan menyediakanpersonil yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan sebagai berikut " Juru Ukur – 1 (satu) Orang, Pendidikan Minimal Lulusan SLTA / Sederajat memiliki SKT-K Teknisi Surveyor/Pemetaan (TS 004) Pengalaman 5 Tahun; "

Berdasarkan persyaratan Pengalaman Pekerjaan (23 April 2019) yang disyaratkan untuk ikut tender yaitu Memiliki 1 satu Pengalaman Pekerjaan Sejenis dalam kurun waktu 4 empat tahun terakhir baik di lingkungan Pemerintah maupun Swasta atau yang di Sub Kontrakan, Kecuali Perusahaan yang baru berdiri dibawah 3 tiga tahun, maka hal ini seharusnya bisa diantisipasi oleh CV. Nando Karya apabila kontraktor ini berniat untuk memenangkan proyek ini.

Proyek dengan Kode Tender: 1379599 dengan anggaran dari APBD 2019 Pemerintahan Daerah Pesisir Selatan ini mempunyai Nilai Pagu Paket Rp. 285.500.000,00 dan Nilai HPS sebesar Rp. 285.481.095,41 dan lokasi proyek berada di Kecamatan Lengayang.

Berdasarkan dari pengumuman LPSE, Tender proyek dengan Kode Rencana Umum Pengadaan (RUP): 20718867 ini dan Nama Paket: Pengamanan Tebing Sungai Belakang MTSn Lakitan ini diikuti oleh 25 peserta yang 23 pesertanya gugur dengan keterangan yang tidak dijelaskan. (***)

Sumber: lpse

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu