Bupati Pangkep Minta Dinas PU, “Perhatikan Air Tabo-Tabo, Jangan Terbuang, Mubassir”

INDONESIASATU.CO.ID:

PANGKEP ; H. Syamsuddin Hamid, Bupati Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) saat ditemui diwarkop Hayati Pangkajene, Rabu (9/5) meminta kepada Dinas PU, Kabupaten Pangkep yang membidangi pengairan agar senantiasa memperhatikan pengaliran air irigasi Tabo-Tabo, jangan sampai terbuang mubassir.

Menurut Syamsuddin Hamid, perlunya pengaturan air pada setiap lokasi areal persawahaan yang dtanami masyarakat, “Supaya saluran irigasi diperhatikan agar sawah-sawah yang ditanami masyarakat untuk dimusim kemarau ini tidak mengalami kekeringan” ujarnya.

“Saluran irigasi harus menjadi perhatian, jangan sampai ada saluran yang bocor, sehingga airnya, hanya terbuang, padahal petani kita sangat membutuhkan untuk sawahnya” ujarnya.

Mantan Kepala Desa Batara Kecamatan Labakkang  tiga priode ini, juga menanyakan soal saluran irigasi menuju Kecamatan Minasate’ne, untuk menjadi perhatian, karena beberapa lokasi areal sawah terlihat sudah dibajak oleh petani namun terancam kering.

Kita berharap agar dimusim kemarau ini, ada peningkatan luasan areal sawah dapat digaraf oleh petani, untuk tanaman padi,

Namun Bupati yang dikenal merakyat ini, menghimbau petani agar areal persawahan yang sulit terjangkau dengan air irigasi untuk penyediaan air tanaman padi, kiranya dapat ditanami dengan tanaman palawija, yang penting sawahnya itu jangan dibiarkan tertidur karena kalau palawija, tidak membtuhkan banyak air.

“Justru tanaman palawija itu, misalnya kacang hijau, Lombok, justru lebih mahal harganya, jadi kita harus pintar-pintar melihat kondisi tanaman yang bagus nilai jualnya, supaya bisa mendapatkan hasil yang bagus” paparnya

Selain itu Bupati Pangkep juga meminta kepada Dinas Pertanian dan Badan Tanaman Pangan senantiasa lebih kreatif melakukan penyuluhan kepada petani, supaya memberikan inspirasi kepada petani kita, mendorong petani kita dan menyiapkan bibit, pupuk, supaya lebih menumbuhkan semangat petnai untuk memampaatkan sawahnya dimusim kemarau ini, jangan sampai hanya terbiarkan tertidur. (Herman Djide) 

Index Berita