Semarak 17 Agustus, Masyarakat di Penjuru Banyumas Gelar Berbagai Kegiatan

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAMILITER.BANYUMAS  - Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, setiap warga negara Indonesia baik yang berada di Indonesia maupun berada diluar negeri memperingati hari Kemerdekaan Negara Replublik Indonesia tepatnya 17 Agustus 1945 dan tahun ini genap berusia 73. Peringatan HUT RI Ke-73 ini ditandai dengan puncak kegiatan dilaksanakannya Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di segenap penjuru tanah air. Begitupula diwilayah Kabupaten Banyumas, disegenap penjuru wilayah baik instansi pemerintahan hingga desa maupun TNI, Polri, sekolah-sekolah dan bahkan dilingkup masyarakat terkecil tingkat RT dan RW serta pabrik ataupun pusat-pusat pelayanan masyarakat, menggelar Upacara Bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dilingkungan masing-masing.

Tidak hanya itu, untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, masyarakat baik sebelum maupun sesudah puncak Hari Kemerdekaan, menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT RI Ke-73, berbagai kegiatan pun dilakukan dari lingkungan terkecil masyarakat hingga instansi pemerintahan sehingga lebih semarak, mulai dari pemasangan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul sebulan penuh di bulan Agustus ini, menghias lingkungan dengan berbagai ornament lainnya seperti lampu hias maupun spanduk-spanduk bertemakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73.

Selain itu berbagai kegiatan Lomba yang melibatkan seluruh komponen masyarakat  pun diadakan, dari tingkat RT/RW, Kelurahan, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten. Di tingkat Kelurahan lomba yang sering diadakan yakni : Lomba makan kerupuk, Lomba lari karung, lomba gigit sendok dan masih banyak lomba lainnya. Setiap lomba ini pun bukan hanya sekedar permaiann atau perlombaan, namun memiliki nilai semangat ke-Pahlawanan, salah satu contohnya seperti lomba makan kerupuk yang mengenang kehidupan para Pahlawan yang kala itu sangat susah sehingga hanya makan seadanya seperti nasi jagung, ketela ataupun tiwul.

Sedangkan ditingkat Kabupaten, kegiatan yang dperlombakan diantaranya, senam bersama segenap jajaran Forkopimda dan masyarakat, Tarik Tambang, Lomba Gadongan, Terompah panjang, Gerak Jalan, festival Serayu, Karnaval Thek-thek Banyumasan, dan berbagai kegiatan lomba tradisional lainnya. Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh instansi baik Pemkab Banyumas sendiri, TNI, Polri, maupun segenap komponen dan elemen masyarakatnya. Dan tak hanya kegiatan melalui perjuangan fisik, namun kegiatan untuk menguatkan mental spriritual masyarakat juga terselenggara dengan adanya renungan suci ditingkat Kabupaten maupun Tasyakuran/Tirakatan disegenap penjuru masyarakat Banyumas dari RT, RW, Kelurahan/Desa dan Kecamatan. Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya atas kemerdekaan bangsa Indonesia serta untuk mendoakan para pahlawan pendahulu bangsa yang telah berjuang tanpa pamrih untuk bangsa dan negara Indonesia.(Red-Cahyo /sumber Penrem  071/WK)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita