Kelompok Kerja Guru (KKG) Selenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum 2013 bagi PTK SD se- Kecamatan Hampang Kotabaru

WARTAKALSEL.COM: KOTABARU - Bertempat SDN 2 Lalapin (Translama) Kecamatan Hampang Kabupaten Kotabaru telah dilaksanakan pembukaan kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum 2013 bagi para Guru Sekolah Dasar (SD) se- Kecamatan Hampang. Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama 3 (tiga) hari (29 Novermber – 1 Desember) diikuti oleh 125 guru sebagai peserta yang berasal dari 13 (tiga belas) Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Hampang, yang terbagi dalam PTK SD Gugus Haur Kuning dan Gugus Rabung Raya. Rabu 29 November 2017.

Pembukaan kegiatan tersebut dihadiri unsur Muspika Kecamatan dan Tim Nara Sumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru. Dalam paparan sebagai pembuka kegiatan, Tim Nara Sumber menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas guru merupakan kebutuhan yang sangat mendesak, karena itu penyelenggaraan Workshop Implementasi Kurikulum 2013 ini menjadi sangat penting bagi para guru untuk peningkatan kemampuan penyesuaian dalam memahami bahan ajar dan implementasinya di ruang kelas bagi peserta didik.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Hampang tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar para peserta dapat memperoleh pemahaman yang benar tentang Kurikulum 2013 sehingga dapat dengan mudah melakukan migrasi (perubahan) dari kurikulum lama (KTSP). Keterbatasan  bahan ajar, sarana peraga, sarana pendukung kegiatan seperti listrik dan komputer serta dukungan sarana telekomunikasi, membuat para guru di pedalaman seperti di Kecamatan Hampang ini, harus berkerja ekstra keras agar dapat segera menyesuaikan perubahan kurikulum yang ada. Hal ini tentu saja berbeda dengan para guru yang sekolahnya berada dalam kota yang serba lengkap dan mudah memperoleh sarana pendukungya untuk tujuan dimaksud.

Kepala sekolah SDN 2 Lalapin (Translama) Muhriolisi, S.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan ini penting sekali dilaksanakan dan sangat bermanfaat bagi para guru. Selain untuk peningkatan kemampuan pemahaman yang terkait dengan implementasi kurikulum 2013 seperti persiapan bahan ajar, kegiatan belajar di kelas dan metoda pengisian nilai di raport peserta didik, kegiatan ini merupakan sebuah kewajiban yang harus diikuti untuk pengembangan diri dan memperoleh sertifikasi sebagai syarat untuk kenaikan pangkat bagi Guru PNS.

Sangat diharapkan agar kegiatan seperti ini untuk topik yang lain semakin sering diadakan untuk para guru di pedalaman dan sebagai tindak lanjut bagi para peserta setelah mengikuti kegiatan tersebut, sangat diharapkan agar dapat lebih baik kemampuannya dalam menerapkan kurikulum 2013 khususnya dalam kegiatan belajar di kelas sehingga dapat dengan mudah dicerna oleh peserta didik. (harwanto)